Terputar

Title

Artist


Serangan siber saat ini sudah semakin canggih dengan modus yang beragam. Korban juga seringkali tidak menyadari bahwa ponselnya sudah disusupi program jahat atau malware 

Ditulis oleh pada November 13, 2023

Serangan siber saat ini sudah semakin canggih dengan modus yang beragam. Korban juga seringkali tidak menyadari bahwa ponselnya sudah disusupi program jahat atau malware yang bisa mengancam keamanan data pribadinya, bahkan bisa menguras rekening di ponsel.

Dilansir dari Slash Gear, Minggu (12/11/2023), berikut ini tanda yang bisa dikenali saat ponsel sudah terinfeksi malware.

Hilangnya ruang penyimpanan 
Aplikasi yang terinfeksi malware seringkali memiliki ukuran file yang cukup besar. Mereka menyertakan aplikasi yang disusupi malware ke ponsel Anda bersama dengan berbagai file yang diperlukan untuk mencuri informasi dan umumnya mengacaukan fungsi ponsel. Ketika program yang terinfeksi malware masuk ke dalam ponsel, Anda akan kehilangan banyak ruang penyimpanan internal secara tiba-tiba.

Pembatasan kecepatan operasi
Seperti halnya dengan ruang penyimpanan, aplikasi yang terinfeksi malware memerlukan kapasitas pemrosesan ponsel yang besar untuk menjalankan aktivitas gelapnya. Operasi malware terus berjalan pada kapasitas 100%, berusaha mengambil alih ponsel Anda sepenuhnya dan menambang informasi pribadi Anda, bahkan ketika ponsel dalam mode tidur.

Sebagai akibat dari upaya gila-gilaan untuk mencuri data Anda, malware seringkali menyebabkan penurunan kecepatan operasi ponsel. Jika dibutuhkan beberapa menit untuk membuka satu aplikasi atau browser web terasa sangat lambat, patut dicurigai ada malware yang sudah menyusup di ponsel Anda.

Pengalihan browser yang aneh
Selain menyusupi aplikasi dan informasi Anda, infeksi malware juga dapat mengalihkan browser web dengan cara yang aneh dan tidak terduga. Anda mungkin dihadapkan pada pop-up yang tidak dapat ditutup, atau beranda dan mesin pencari yang biasanya Anda simpan dapat berubah menjadi halaman yang asing.

Jika browser web Anda mengalami pengalihan yang aneh, sebaiknya hentikan penggunaannya sampai masalah terselesaikan. Jangan biarkan malware mengakar lebih dalam.

Pesan dikirim dari akun Anda
Setelah malware mengambil alih sistem Android dan akun pribadi Anda, mereka mungkin mencoba menyebarkan diri lebih jauh melalui layanan pesan. Jika malware berhasil membobol email atau aplikasi media sosial Anda, mereka mungkin mengirimkan pesan samar kepada teman dan keluarga Anda atas nama Anda, meminta mereka mengunduh aplikasi berbahaya atau mengunjungi situs web aneh. Semua ini dilakukan dengan harapan dapat menyebarkan diri mereka ke target yang lebih potensial.

Jadi, jika teman dan keluarga memberi tahu bahwa mereka telah menerima pesan aneh atau mengkhawatirkan dari akun Anda, itu adalah pertanda bahaya. Periksa email dan aplikasi media sosial untuk melihat apakah ada yang baru-baru ini dikirimkan. Pertimbangkan untuk mengubah kata sandi pada akun yang terkena dampak. Disarankan juga untuk mengunduh antivirus guna melindungi perangkat.