Terputar

Title

Artist


Untuk mengurangi risiko ancaman online, pengguna dapat meningkatkan kewaspadaan dengan mengikuti langkah-langkah berikut

Ditulis oleh pada November 8, 2023

Perusahaan keamanan siber Kaspersky merilis data terbaru tentang tren serangan siber di Indonesia selama kuartal III 2023. Hasilnya cukup mengkhawatirkan, dengan 21% pengguna komputer menjadi korban serangan berbasis web, dan 27,6% menjadi sasaran ancaman lokal.

Menurut data dari Kaspersky , Selasa (7/11/2023), terdapat 7.330.765 deteksi ancaman online selama periode Juli hingga September 2023. Ini menempatkan Indonesia pada peringkat ke-93 di dunia dalam hal risiko yang terkait dengan penjelajahan situs web.

Serangan melalui browser merupakan metode utama penyebaran program berbahaya, dengan penjahat siber memanfaatkan kerentanan dalam browser dan plugin-nya (melalui metode drive-by download) serta rekayasa sosial untuk meretas sistem.

Selama kuartal ketiga tahun 2023, Kaspersky juga mendeteksi 12.939.096 insiden lokal di komputer, dengan worm dan virus file menjadi penyebab utama insiden tersebut. Hal ini menempatkan Indonesia pada peringkat ke-62 di dunia dalam hal insiden serangan siber.

Untuk mengurangi risiko ancaman online, pengguna dapat meningkatkan kewaspadaan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Selalu periksa tautan dalam email dengan cermat sebelum mengekliknya, dan ingatlah bahwa nama pengirim yang tampak meyakinkan tidak selalu menjamin keasliannya. Penjahat siber sering menggunakan trik untuk membuat orang mengeklik tautan phishing, termasuk menyamar sebagai rekan bisnis atau menggunakan akun rekan kerja yang telah diretas.

2. Hanya unduh aplikasi dari sumber terpercaya.

3. Perhatikan izin yang diminta oleh aplikasi dan pertimbangkan apakah izin tersebut sesuai dengan tujuan aplikasi tersebut. Memberikan izin yang tidak tepat dapat mengakibatkan data sensitif Anda diakses oleh pihak ketiga.

4. Gunakan koneksi internet yang aman dan hindari WiFi publik saat mengakses data sensitif, serta hindari menggunakan peralatan kerja untuk keperluan pribadi atau sebaliknya.