Terputar

Title

Artist


Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan 20 ton material dan bahan baku untuk proyek rehabilitasi Bandara Internasional Port Vila

Ditulis oleh pada Oktober 24, 2023

Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan 20 ton material dan bahan baku untuk proyek rehabilitasi Bandara Internasional Port Vila, Vanuatu, yang sebelumnya dihantam oleh topan. Material bangunan tersebut dikirim dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (22/10/2023).

“Proyek ini melibatkan kontraktor dan pekerja Indonesia, menunjukkan kolaborasi erat antara kedua negara dalam upaya pembangunan ini,” demikian pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Proyek rehabilitasi ini diperkirakan selesai pada akhir Oktober atau awal November 2023. Sebagaimana diketahui, topan Judy dan topan Kevin melanda Vanuatu pada awal Maret 2023. Indonesia langsung mengumumkan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa perbaikan ruangan VIP di Bandara Internasional Port Vila.

Pengerjaan perbaikan Bandara Internasional Port Vila sebenarnya sudah dimulai pada Agustus lalu saat Wamenlu Pahala Mansury berkunjung ke Vanuatu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Agustus 2023 melaporkan, Pemerintah Indonesia akan memberikan hibah senilai US$ 913.000 untuk membantu perbaikan bandara di Vanuatu. Proyek ini juga akan melibatkan 30 tenaga ahli dan insinyur Indonesia.

Hubungan bilateral Indonesia-Vanuatu sempat diwarnai dengan perdebatan di sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada Sidang Majelis Umum PBB ke-75 pada 2020, Perdana Menteri Vanuatu saat itu Bob Loughman menyinggung masalah pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap masyarakat adat Papua Barat. Indonesia pada saat itu, menuduh Vanuatu tidak menghormati Piagam PBB dan prinsip untuk tidak ikut campur pada urusan dalam negeri negara lain.

Kini hubungan bilateral Indonesia-Vanuatu tampak membaik. Selain adanya pengiriman bantuan kemanusiaan, Pemerintah Indonesia mengatakan tidak ada negara yang mengungkit isu Papua pada Sidang Majelis Umum PBB baru-baru ini. Tak hanya itu, Vanuatu belum lama ini mengatakan berencana untuk membuka kedutaan di Indonesia.