Terputar

Title

Artist


Seluruh dunia memberikan respons terhadap serangan mendadak pasukan militan Palestina

Ditulis oleh pada Oktober 8, 2023

Seluruh dunia memberikan respons terhadap serangan mendadak pasukan militan Palestina, Hamas ke Israel yang terjadi pada Sabtu (7/10/2023) pagi. Serangan ini dilakukan menggunakan roket dan pasukan bersenjata yang memasuki kota-kota Israel.

Hingga Sabtu (7/10/2023) pukul 21.00 WIB, sedikitnya 100 orang tewas dan ratusan orang mengalaki luka-luka akibat serangan tersebut.

Dilansir dari Reuters, berikut ini reaksi dari seluruh dunia atas serangan Hamas ke Israel.

Persatuan Bangsa-bangsa (PBB)
Utusan perdamaian Timur Tengah PBB, Tor Wennesland, mengingatkan semua pihak untuk menjauh dari jurang konflik ini yang sangat berbahaya. Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, Volker Tuerk juga mengecam serangan ini dan menekankan bahwa warga sipil tidak boleh menjadi sasaran serangan.

Presiden Palestina Mahmoud Abbad
Presiden Palestina menyatakan bahwa rakyat Palestina memiliki hak untuk membela diri terhadap berbagai teror.

Amerika Serikat (AS)
Amerika Serikat dengan tegas mengutuk serangan tersebut dan mendukung Israel dalam responsnya. Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada Israel agar dapat mempertahankan diri dari kekerasan dan terorisme.

Iran
Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, memberikan selamat kepada para pejuang Palestina dan menyatakan dukungan Iran untuk pembebasan Palestina dan Yerusalem. Televisi pemerintah Iran menunjukkan anggota parlemen yang bangkit dari kursi mereka dan berseru “Matilah Israel.”

Presiden Perancis, Emmanuel Macron
Macron mengutuk keras serangan tersebut dan menyatakan solidaritas penuh terhadap para korban.

Arab Saudi
Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyerukan penghentian segera tindakan kekerasan.

Kementerian Luar Negeri Mesir
Mesir memperingatkan tentang konsekuensi serius dari konflik ini dan menyerukan menahan diri semaksimal mungkin serta menghindari bahaya yang lebih besar bagi warga sipil.