Terputar

Title

Artist


Personel Puspenerbal Khidmat Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Ditulis oleh pada Oktober 1, 2023

 

TNl AL-Dispen Puspenerbal (1/10/2023).Personel Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) tampak khidmat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 ya g digelar di Apron Hanggar Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Pesawat Udara (Fasharkan Pesud) Pangkalan Udara TNl AL Juanda, Minggu (1/10/2023).

Kepala Fasharkan Pesud Puspenerbal, Kolonel Laut (T) Johny Setyawan mewakili Komandan Puspenerbal Laksda TNl Dr. lmam Musani menjadi Inspektur Upacara dengan Komandan Satma Kolat Penerbal Mayor Laut (T) Joko Elianto.

Panglima TNl Laksamana TNl Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan Kafasharkan Pesud mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah hari yang akan selalu mengingatkan kita tentang besarnya tekad dan pengorbanan para pahlawan bangsa, yang rela berkorban jiwa dan raga demi tegaknya ideologi dasar negara kita, Pancasila.

Pancasila sebagai landasan negara Indonesia lanjut Panglima TNl, adalah tonggak utama yang telah membawa kita melalui berbagai cobaan dan perubahan dalam sejarah. Pancasila telah berhasil mengikat keanekaragaman suku, agama, ras, dan golongan yang ada di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan tujuan nasional yang mulia.

Sejarah panjang Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa Pancasila mampu melewati berbagai upaya pelemahan maupun upaya untuk menggantinya dengan ideologi lain. Pancasila tetap tegak berdiri dan mampu bertahan, bahkan telah menjelma menjadi identitas nasional yang kuat sekaligus tetap menjadi pemersatu bagi bangsa Indonesia yang sangat beragam.

“Dalam momentum ini, mari kita menundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi tegaknya Pancasila.

Keteladan mereka harus senantiasa kita contoh dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa Indonesia tetap terjaga di tengah gempuran arus globalisasi, kemajuan teknologi, dan politik identitas,” terang Panglima TNl.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRl, menjaga dan melindungi Pancasila adalah tugas kita bersama. Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus melestarikan, mempertahankan, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari.

“Tanpa aksi nyata, mustahil Pancasila bisa tetap bertahan di bumi Nusantara.Mari kita amalkan Pancasila agar Bangsa Indonesia mampu untuk terus melaju menuju Indonesia maju,” pungkasnya.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan