Terputar

Title

Artist


Bursa Eropa ditutup menguat karena para trader merespons saran Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) bahwa kenaikan suku bunga menjadi 4%

Ditulis oleh pada September 16, 2023

Bursa Eropa ditutup menguat pada Jumat (15/9/20230 karena para trader merespons saran Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) bahwa kenaikan suku bunga menjadi 4% mungkin merupakan yang terakhir.

Stoxx 600 di bursa Eropa berakhir naik 0,2%, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di wilayah positif. Barang-barang rumah tangga memimpin di antara sektor saham lainnya, setelah menguat sebesar 1,4%. Sementara saham-saham barang-barang mewah mendapat dorongan dari data penjualan ritel Tiongkok.

Indeks Stoxx 600 naik 1,5% pada Kamis (14/9/2023), mencatat hari terbaik sejak awal Juni.

ECB menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin ke 4%, kenaikan ke-10 berturut-turut yang menjadikan suku bunga mencapai rekor tertinggi. ECB juga merevisi proyeksi inflasi tahun 2023 dan tahun 2024 lebih tinggi, menjadi 5,6% dan 3,2%, meskipun menurunkan perkiraan tahun 2025, dari 2,2% menjadi 2,1%. Sementara pertumbuhan ekonomi Eropa diprediksi menjadi lebih rendah.

Namun, perkembangan terbesar datang dari prediksi kuat bahwa anggota Dewan ECB tidak akan menaikan suku bunga dari saat ini. Suku bunga kemungkinan akan tetap stabil untuk beberapa waktu ke depan.

“Berdasarkan penilaiannya saat ini, Dewan Pengatur ECB menganggap bahwa suku bunga utama ECB telah mencapai tingkat yang akan dipertahankan dalam jangka waktu cukup lama, ini akan memberikan kontribusi besar terhadap target inflasi,” kata ECB dalam sebuah pernyataan.

Sementara bursa saham Asia Pasifik menguat pada Jumat, didorong data ekonomi Tiongkok, yang mengalahkan ekspektasi.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan