Terputar

Title

Artist


 Apple akhirnya merespons tuntutan terkait masalah radiasi yang dinilai terlalu tinggi pada iPhone 12.

Ditulis oleh pada September 16, 2023

Apple akhirnya merespons tuntutan terkait masalah radiasi yang dinilai terlalu tinggi pada iPhone 12. Masalah ini sebelumnya diungkap oleh badan pengawas radiasi Prancis atau ANFR. Dari temuan mereka, ANFR meminta penjualan iPhone 12 dihentikan di Prancis sampai Apple benar-benar menyelesaikan permasalaha ini.

Dilansir dari Reuters, Jumat (15/9/2023), Apple mengumumkan bahwa mereka akan merilis pembaruan perangkat lunak untuk pengguna iPhone 12 di Prancis. Pembaruan perangkat lunak ini akan mengakomodasi protokol yang digunakan oleh regulator Prancis dan mereka berharap iPhone 12 akan tetap tersedia di Prancis.

Pemerintah Prancis menyambut baik langkah ini dan akan menguji pembaruan tersebut sehingga penjualan iPhone 12 dapat dilanjutkan. Belgia, yang juga melakukan peninjauan adanya potensi risiko di iPhone 12 setelah tindakan Prancis, juga memberikan respons positif terhadap pembaruan ini, meskipun mereka akan tetap melanjutkan tinjauan mereka sendiri terhadap ponsel tersebut dan model lainnya.

Meskipun demikian, Apple tetap mempertahankan argumennya bahwa temuan badan pengawas radiasi Prancis tidak berdasar, mengingat bahwa iPhone telah mendapatkan sertifikasi dari beberapa badan internasional yang menetapkan standar global.

Menteri Urusan Digital Prancis, Jean Noel Barrot yang berkomunikasi secara rutin dengan Apple, mengatakan, regulator Prancis akan segera menguji pembaruan tersebut. Hal ini akan membantu iPhone 12 memenuhi standar Eropa dan memungkinkan Prancis untuk mencabut penangguhan penjualan.

Di Eropa, pendapatan Apple sangat besar, bahkan menjadi pasar terbesar kedua setelah Amerika, tetapi langkah Prancis yang menghentikan penjualan iPhone 12 sampai Apple memperbaiki masalah radiasi telah meningkatkan kemungkinan larangan serupa di seluruh Eropa.

Selain Belgia, pengawas digital Belanda juga tengah menyelidiki masalah ini dan berencana untuk meminta penjelasan dari Apple. Karenanya, penyelesaian masalah ini sangat penting bagi Apple, yang akan terus diawasi oleh regulator dan pengguna di seluruh dunia.

Apple pada 12 September 2023 juga baru saja meluncurkan seri iPhone 15. Dalam waktu dekat, sistem operasi iOS 17 juga akan dirilis.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan