Terputar

Title

Artist


Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Xiaomi, tengah bersiap meluncurkan mobil listrik pertamanya pada 2024. Ini akan menjadi “mainan” baru Xiaom

Ditulis oleh pada Agustus 27, 2023

Kia Corp mengumumkan akan meluncurkan mobil mini Ray di pasar Korea Selatan bulan depan untuk versi listrik

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Xiaomi, tengah bersiap meluncurkan mobil listrik pertamanya pada 2024. Ini akan menjadi “mainan” baru Xiaomi, pasalnya selama ini Xiaomi lebih fokus pada perangkat mobile dan peralatan smart home.

Dilansir dari Gizchina, Sabtu (26/8/2023), Xiaomi baru-baru ini juga telah pendaftaran nama domain xiaomiev.com yang menunjukkan kesiapannya untuk masuk pasar mobil listrik. Pengujian prototipe kendaraan listrik di jalan-jalan Tiongkok juga menjadi tanda nyata komitmen perusahaan terhadap rencana ini.

Meskipun detail spesifikasi mobil listrik Xiaomi belum diumumkan, spekulasi mengindikasikan bahwa kendaraan ini akan menjadi sedan ukuran menengah dengan jangkauan lebih dari 300 mil. Model pertamanya ini akan dinamai MS11.

CEO Xiaomi, Lei Jun baru-baru ini juga mengumumkan, perusahaan telah menjalin kemitraan dengan pemasok baterai CALB dan CATL untuk pengembangan baterai kendaraan listrik.

Xiaomi pertama kali mengumumkan rencananya masuk pasa rmobil listrik pada 2021. Dalam konferensi investor, Lei Jun mengatakan bahwa pengembangan kendaraan listrik Xiaomi lebih cepat dari jadwal dan akan memulai produksi massal pada paruh pertama 2024.

Dua tahun kemudian, Xiaomi masih yakin dengan tenggat waktu ini. Kemudian pada Mei 2023, presiden bisnis internasional Xiaomi, Lu Weibing mengonfirmasi bahwa kemajuannya telah melebihi ekspektasi dan mobil listrik Xiaomi akan diluncurkan pada paruh pertama 2024.

Mobil listrik pertama Xiaomi diperkirakan akan dijual mulai dari 200.000 yuan (US$ 27.400) atau sekitar Rp 411 juta. Sedan MS11 akan bersaing dengan BYD Seal, Deepal SL03, dan lusinan sedan EV Tiongkok lainnya dengan kisaran harga 200.000 yuan.

Selama ini Xiaomi telah memiliki basis pelanggan yang besar dan rekam jejak inovasi yang kuat. Jika Xiaomi berhasil meluncurkan kendaraan listriknya, maka Xiaomi bisa menjadi pemain utama di pasar kendaraan listrik global. Tidak hanya Xiaomi, peruhaan Tiongkok lainnya seperti Huawei juga telah meluncurkan beberapa model kendaraan listrik. Adanya subsidi dari pemerintah Tiongkok mendorong pertumbuhan pasar ini.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan