Terputar

Title

Artist


Judul Film: Catatan Si Boy

Ditulis oleh pada Agustus 22, 2023

Judul Film: Catatan Si Boy
Genre: Drama
Sutradara: Hanung Bramantyo
Skenario: Upi Avianto
Pemain: Angga Yunanda, Syifa Hadju, Rebecca Klopper, Elmand, Michael Olindo, Arya Vasco, Carmela Van Der Kruk
Durasi: 126 menit
Produksi: MD Pictures, MVP Pictures, Dapur Films

Jakarta, Beritasatu.com – “Siapa tak kenal dia…Boy anak orang kaya”. Demikian lirik lagu soundtrack film Catatan Si Boy dinyanyikan Ikang Fawzi yang pernah hits di era 80-an. Film yang diangkat siaran Radio Prambors ini populer di kalangan anak muda di masanya, sampai akhirnya diangkat ke layar lebar.

Film Catatan Si Boy dibuat pertama kali pada tahun 1987 dan berlanjut hingga Catatan Si Boy V di tahun 1991.

Kisahnya mengenai Boy, seorang anak muda yang nyaris sempurna dan pantas disebut idola. Dia ganteng, baik hati, tidak sombong, suka menolong, dari keluarga super kaya yang menjalani kehidupannya sehari-hari, termasuk kisah percintaannya.

31 tahun sejak film terakhirnya, kini Catatan Si Boy kembali diangkat ke layar lebar. Catatan Si Boy (2023) disutradarai Hanung Bramantyo, dengan penulis skenario Upi Avianto. Kisah Catatan Si Boy kali ini tetap setia dengan kisah yang pernah dibuat pada tahun 1987 lalu.

Boy yang diperankan Angga Yunanda, menjalani kisah asmara dengan Nuke (Syifa Hadju). Saat hubungan mereka semakin dalam, orang tua Nuke meminta hubungan itu putus. Ayah Nuke yang diperankan dengan apik oleh Lukman Sardi merasa terhina, sebagai seorang pejabat yang bersih, dicoba disogok oleh salah seorang karyawan perusahaan milik ayah Boy (Dede Yusuf).

Nuke kemudian meninggalkan Boy untuk memenuhi keinginan orang tuanya kuliah di luar negeri. Boy pun menjadi galau. Di tengah kekosongannya itu, hadir sosok Vera yang diperankan dengan pas oleh Alyssa Daguise.

Vera yang ceria dan atraktif bertolak belakang dengan Nuke yang murung. Boy pun tergoda untuk berhubungan dengan gadis junior di kampusnya ini. Namun ternyata mantan pacar Vera, Jeffry (Arya Vasco) tak rela gadisnya direbut pria lain.

Konflik pun terjadi antara Boy dan Jeffry, yang akhirnya melibatkan sohib-sohib Boy, Andi (Michael James) dan Emon (Elmand) yang kocak. Di tengah situasi tersebut, Nuke hadir kembali menemui Boy.

Mampukah Boy menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya ini?

Catatan Si Boy (2023) menghidupkan kembali kenangan Generasi-X yang 31 tahun lalu juga menonton film yang pernah diperankan Onky Alexander. Bagaimana tidak, Hanung Bramantyo tampaknya setia pada alur cerita Catatan Si Boy (1987).

Mulai dari lagu di filmnya, soundtrack Catatan Si Boy yang kini dinyanyikan grup musik Slank, dan juga lagu Emosi Jiwa. Kemudian di adegan awal menampilkan Boy mengelus mobil yang sama yang digunakan Onky Alexander saat memerankan Boy.

<em>Catatan Si Boy</em> (2023).
Catatan Si Boy (2023).

Bahkan, para pemeran Boy tahun 1987 juga ikut ambil peran di film ini. Seperti Dede Yusuf yang dulunya memerankan Andi, dan Meriem Belina yang berperan sebagai Vera, kini harus menjadi sang ibu.

Kelebihan Catatan Si Boy kali ini dibandingkan versi 31 tahun lalunya adalah durasi filmnya yang cukup panjang, 2 jam, 6 menit, sehingga memiliki cukup waktu untuk membangun kisah dan karakter tokohnya.

Catatan Si Boy menghibur dan membuat tersenyum penonton dari Generasi-X yang kembali mengenang masa remaja mereka. Namun apakah film ini bisa cocok di generasi muda era digital? Itu tentunya bisa dijawab setelah menonton film ini.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan