Terputar

Title

Artist


 Kendaraan listrik yang ramah lingkungan kian populer di kalangan pencinta otomotif. Salah satu booth kendaraan asal Jepang menawarkan pengalaman interaktif belajar pengetahuan Eco Driving

Ditulis oleh pada Agustus 14, 2023

Kendaraan listrik yang ramah lingkungan kian populer di kalangan pencinta otomotif. Salah satu booth kendaraan asal Jepang menawarkan pengalaman interaktif belajar pengetahuan Eco Driving dengan menggunakan simulator di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2023.

Eco driving atau pengetahuan mengemudi yang ramah lingkungan menjadi salah satu hal yang perlu dimiliki pengendara kendaraan listrik agar dapat berkontribusi sepenuhnya kepada lingkungan. Simulator ini dilengkapi dengan driver seat atau kursi sopir seperti layaknya mobil asli, setir, serta satu set pedal gas dan rem.

Untuk dapat menggunakan Eco Driving Simulator, pengunjung harus duduk di kursi sopir dengan memakai satu set peralatan Virtual Reality atau VR.

Setelah menggunakan VR, pengunjung akan ditampilkan visual jalan raya seperti layaknya mengendarai mobil asli. Kemudian setelah menginjak pedal gas dan menjalankan mobil, pengunjung akan disuguhkan pertanyaan dengan pilihan ganda.

Pertanyaan yang ditampilkan adalah pertanyaan seputar Eco Driving atau pengetahuan umum bagaimana cara berkendara dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. Untuk memilih jawaban, pengunjung hanya perlu menginjak pedal gas dan mengarahkan setir ke bola bertuliskan A, B, dan C, sesuai dengan jawaban yang dirasa benar untuk pertanyaan yang ditampilkan. Eco Driving Simulator ini menampilkan 7 pertanyaan dengan durasi simulasi sekitar lima menit.

Eco Driving Simulator menjadi salah satu fitur yang banyak dikerubuti oleh pengunjung. Untuk dapat mencoba simulator, pengunjung yang kebanyakan anak-anak bahkan harus mengantre dengan memindai kode QR yang diletakkan di depan booth. Eco Driving Simulator menjadi pilihan pengunjung untuk memperoleh pengetahuan berkendara dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Kendaraan ramah lingkungan berupa kendaraan listrik memang menjadi salah satu magnet pengunjung di GIIAS 2023. Dari puluhan kendaraan baru yang dipamerkan di GIIAS, 70 persen di antaranya merupakan kendaraan listrik yang ditawarkan oleh 49 merk kendaraan mancanegara. Dominasi kendaraan listrik ini memang sejalan tema GIIAS 2023 bertajuk “Future Now” yang merepresentasikan masa depan industri otomotif indonesia.

Pameran GIIAS 2023 digelar di ICE BSD Tangerang hingga 20 Agustus 2023. Pameran dibuka setiap hari dari pukul 10.00 WIB di akhir pekan dan pukul 11.00 WIB di Senin-Jumat, hingga pukul 21.00 WIB.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan