Terputar

Title

Artist


Arsenal secara dramatis berhasil menjuarai Community Shield 2023 setelah menang adu penalti 4-1 atas Manchester City (Man City) di Wembley

Ditulis oleh pada Agustus 7, 2023

Arsenal secara dramatis berhasil menjuarai Community Shield 2023 setelah menang adu penalti 4-1 atas Manchester City (Man City) di Wembley, Minggu (6/8/2023) malam WIB.

Adu penalti terpaksa dimainkan setelah laga kedua tim sampai waktu normal berakhir imbang 1-1. Arsenal sebenarnya sempat tertinggal 0-1 hingga 90 menit. Man City unggul lebih dahulu berkat gol Cole Palmer pada menit 77.

Meski tidak banyak tersisa waktu, Arsenal pantang menyerah. Tim asal London itu berhasil memanfaatkan tambahan waktu 13 menit untuk mencetak gol penyeimbang yang dicetak Leandro Trossardi pada menit 90+11.

Ini menjadi trofi Community Shield ke-17 buat Arsenal setelah terakhir kali diraih tahun 2020.

Jalannya Pertandingan
Pertandingan kedua tim berjalan alot sepanjang 90 menit. Di babak pertama, laga berlangsung keras. Wasit harus mengeluarkan empat kartu kuning. Satu di antaranya buat pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Man City sebenarnya mendominasi penguasaan bola (68%), tetapi kesulitan menembus pertahanan rapat Arsenal.

Sejak menit awal, Man City langsung mengatur irama permainan. Laga berlangsung panas ketika pelatih Mikel Arteta mendapat kartu kuning dari wasit karena aksi protesnya yang dinilai berlebihan pada menit 18.

Pertandingan Arsenal vs Manchester City dalam laga Community Shield di Wembley, inggu, 6 Agustus 2023.

Pertandingan Arsenal vs Manchester City dalam laga Community Shield di Wembley, inggu, 6 Agustus 2023.

Arteta sebelumnya protes kepada wasit yang tidak memberikan kartu kuning kepada pemain Man City Rodri karena melakukan pelanggaran kepada Kai Havertz. Sialnya, malah Arteta yang mendapatkannya.

Percobaan pertama datang dari Man City lewat tendangan jarak jauh striker Julian Alvarez yang masih melebar pada menit 19.

Sampai babak pertama berakhir, skor tetap 0-0.

Di babak kedua, tidak ada perubahan pemain dilakukan Arsenal dan Man City. Ancaman pertama Man City datang lewat sundulan John Stones pada menit 52 yang masih bisa diamankan kiper Aarom Ramsdale.

Pada menit ke-58, Man City melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Phil Foden menggantikan Jack Grealish. Lalu, pada menit 64, pelatih Man City menarik keluar Erling Haaland yang melempem dan menggantikannya dengan Cole Palmer.

Keputusan Guardiola tepat. Palmer kemudian membawa City meraih keunggulan lewat gol dari tendangannya meneruskan assist Kevin de Bruyne pada menit 77.

Unggul 1-0, Man City terus menggempur pertahanan Arsenal. Beberapa kali kiper Arsenal Aaron Ramsdale melakukan penyelamatan.

Arsenal yang pantang menyerah akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol Leandro Trossard di masa injury time (90+13).

Sampai peluit panjang berbunyi skor tetap 1-1 untuk kemenangan Man City.

Adu penalti terpaksa dimainkan. Empat penendang Arsenal, yakni Martin Odegaard, Leandro Trossard, Bukayo Saka, dan Fabio Oliviera, berhasil mencetak gol.

Sayangnya, dua penendang Man City, yakni Kevin de Bruyne dan Rodri gagal mencetak gol.

Susunan Pemain
Arsenal: Ramsdale; White, Saliba, Gabriel, Timber; Partey, Rice, Ødegaard; Saka, Martinelli, Havertz. Cadangan: Turner, Tomiyasu, Kiwior, Holding, Tierney, Smith Rowe, Vieira, Trossard, Nketiah.

Manchester City: Ortega; Walker, Dias, Akanji; Stones, Rodri; Bernardo, Kovacic, Alvarez, Grealish; Haaland. Cadangan: Ederson, Phillips, Laporte, De Bruyne, Gomez, Foden, Palmer, Lewis, McAtee.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan