Terputar

Title

Artist


Tiga Pesan Kepala Sekolah Untuk Para Guru TK Nirwana Cendikia

Ditulis oleh pada Juli 28, 2023

 

Cianjur – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini semakin penting untuk dilaksanakan apalagi jika dikaitkan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) yang sudah memberlakukan kebijakan terkait dengan pengembangan Kurikulum Merdeka yang diserahkan kepada satuan Pendidikan dan diterapkan pada semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat Paud hingga pendidikan menengah.

Hal tersebut juga dilaksanakan oleh satuan pendidikan, di tingkat pendidikan usia dini yaitu di TK Nirwana Cendikia. Pada akhir kegiatan MPLS di tutup langsung oleh Kepala Sekolah TK. Nirwana Cendikia Didin Saripudin, S.Pd., M.Pd., berlangsung di ruang kelas TK Nirwana Cendikia, Perum BTN Kp. Loji Gekbrong Cianjur, Jabar, Jum’at (27/7/2023).

Sementara itu, Didin Saripudin selaku Kepala Sekolah TK Nirwana Cendikia, dirinya juga sebagai Kader PKS Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dalam sambutannya menegaskan, kegitan MPLS dinyatakan selesai dan secara resmi di tutup serta dapat berjalan dengan baik dan sukses. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras khususnya para Guru, seluruh panitia MPLS dan mendapat dukungan penuh dari para orang tua peserta didik. Kolaborasi yang baik antara para Guru dan orang tua peserta didik telah terbukti efektif sehingga MPLS telah dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan, tegasnya.

Di akhir sambutannya mengingatkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh para Pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, yaitu pembelajaran harus bersifat children center. Artinya pelaksanaan pembelajaran hendaknya tidak difokuskan hanya pada bagaimana materi yang disusun diterima peserta didik, tetapi bagaimana agar pengembangan kompetensi maupun karakter peserta didik dapat dijadikan dasar pembelajaran, baik dari minat maupun gaya belajarnya.

Lanjutnya yang kedua, Guru sebagai fasilitator, bukan penentu, Artinya Peserta didik dapat memilih sendiri aktivitas yang akan dilakukan, misalnya bermain dengan siapa atau instrumennya apa. Tentunya, peserta didik tetap dibimbing dan diperhatikan oleh Guru secara langsung.

Yang ketiga, memberikan pengalaman langsung pada peserta didik. Pembelajaran pada tahap ini adalah mendekatkan diri dengan alam atau pembelajaran berbasis kearifan lokal. Diharapkan, peserta didik akan makin akrab karena dapat berinteraksi langsung dengan sumber belajarnya.

Di akhir kegiatan penutupan MPLS, Kepala Sekolah TK Nirwana Cendikia, menyerahkan piala kepada orang tua peserta didik Luqyana yang dinilai Lomba Membuat Name Tag Terkreatif, dianjutkan foto bersama.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan