Terputar

Title

Artist


Indonesia meloloskan lima wakilnya ke babak 16 besar Japan Open 2023

Ditulis oleh pada Juli 27, 2023

Commander, nama anjing peliharaan Presiden AS Joe Biden dilaporkan sudah menggigit dan menyerang agen Dinas Rahasia (Secret Service) sebanyak 10 kali dari Oktober 2022 hingga Januari 2023 lalu

 

Indonesia meloloskan lima wakilnya ke babak 16 besar Japan Open 2023 setelah menang dalam pertandingan Rabu (26/7/2023) di Yoyogi 1St Gymnasium, Tokyo

Kelima wakil Indonesia yang melaju dari babak 32 besar tersebut yakni ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dua ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, tunggal putra Jonatan Christie, serta ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Namun langkah lima wakil Merah Putih itu gagal diikuti ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto langsung dipaksa kerja keras melakoni babak pertama (32 besar). Pasangan peringkat satu dunia ini harus memainkan laga tiga gim sebelum akhirnya mengemas kemenangan 20-22, 21-17, 21-10 atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Hasil ini memperpanjang rekor kemenangan Fajar/Rian atas pasangan Tiongkok itu menjadi 4-1.

Nasib berbeda dialami Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Mereka harus mengakui ketangguhan pasangan Tiongkok, Liang Wei Keng/Wang Chang. Dalam pertandingan tiga gim, Pramudya/Yeremia kalah 21-16, 7-21, 16-21.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie tanpa banyak kesulitan melenggang ke babak 16 besar Japan Open 2023. Langkah Jojo, panggilan Jonatan Christie ditentukan setelah berhasil mengalahkan pemain yang lolos dari babak kualifikasi Cheam June Wei.

Jojo berhasil mengemas kemenangan dua gim langsung 21-7, 21-9. “Lawan bermain cukup bagus juga tetapi memang saya maksimalkan untuk terus menekan, jangan sampai membuat dia berkembang. Alhasil beberapa kali terlihat seperti frustasi dan tidak bisa lepas di pertandingannya,” kata Jojo seusai pertandingan.

Selanjutnya di babak 16 besar Jojo akan melawan Weng Hong Yang yang menaklukkan wakil India Mithun Manjunath.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga terhenti setelah harus mengakui ketangguhan pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pada babak 32 besar Japan Open 2023. Sempat memberikan perlawanan sengit kepada unggulan ketiga itu, Leo/Daniel akhirnya menyerah kalah 16-21, 21-11, 13-21.

Ini menjadi kekalahan pertama Leo/Daniel dari pasangan India yang belum lama menjuarai Korea Open 2023 itu.

Pil pahit juga harus ditelan tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting. Menempati unggulan kedua, Ginting harus takluk dari pemain Jepang, Kanta Tsuneyama.

Dalam pertandingan dengan durasi 44 menit, Ginting kalah 13-21, 18-21. Perlawanan sengit sempat terjadi di gim kedua. Sempat imbang 6-6 hingga 14-14, Ginting setelah itu tak kuasa meladeni permainan Kanta.

“Penampilan saya hari ini kurang maksimal, kurang puas juga dengan hasilnya. Memang lawan bermain baik, dari gim pertama dia terus menekan saya,” ujar Ginting seusai pertandingan.

Perlawanan sengit sempat terjadi di gim kedua. Sempat imbang 6-6 hingga 14-14, Ginting setelah itu tak kuasa meladeni permainan Kanta dan menyerah 18-21.

“Di gim kedua saat saya mengubah pola permainan dan menguasai pertandingan, di poin-poin krusial dia mengubah permainan dan berhasil. Feel lawan mungkin juga berbeda karena main sebagai tuan rumah pastinya menambah motivasi. Selebihnya karena kami sudah beberapa kali bertemu jadi sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing,” tuturnya.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana melaju ke 16 besar Japan Open 2023.

Febriana/Amalia melaju setelah mengalahkan pasangan tuan rumah, Mei Sudo/Nao Yamakita di Yoyogi Gymnasium, Rabu (26/7/2023). Tanpa banyak kesulitan Febriana/Amalia menyudahi laga dengan kemenangan 21-7, 21-13 dengan durasi 34 menit.

Kemenangan serupa juga diraih Fikri/Bagas. Bedanya, Fikri/Bagas harus kerja keras mengalahkan lawannya, Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Butuh waktu selama 52 menit buat Fikri/Bagas menyudahi laga dengan kemenangan 21-11, 15-21, 22-23.

Amalia menegaskan mereka tidak menganggap enteng meski berhadapan dengan pasangan yang tergolong junior dan hanya berperingkat 257 itu.

“Alhamdulillah hari ini kami diberikan kelancaran. Walau lawannya masih junior tetapi kami tidak mau meremehkan, tetap maksimal sesuai dengan apa yang kami telah siapkan saat persiapan,” ujar pemain kelahiran Sukoharjo ini seperti dikutip PBSI.

Pasangan Amalia, Febriana mengungkapkan mereka mencoba bermain sabar dalam partai melawan wakil Jepang ini. “Di pertandingan kali ini kami mencoba bermain sabar, tidak terburu-buru untuk menyerang. Diolah dulu, saat ada kesempatan baru melancarkan serangan,” ungkap atlet berusia 22 tahun tersebut.

Pada babak 16 besar, Amalia/Febriana, akan bertemu pasangan Taiwan, Lee Chia Hsin/Teng Chun Hsun. Kedua ganda ini pernah sekali bertemu dan dimenangkan Amalia/Febriana. Sementara Fikri/Bagas akan dijajal unggulan keempat asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Wakil Indonesia lainnya yang melaju ke 16 besar adalah ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. Mereka berhak meraih tiket putaran kedua setelah menaklukkan wakil Jepang, Kyohei Yamashita/Naru Shinoya, 21-18, 21-17.

Dejan/Gloria akan bertemu wakil Thailand yang juga unggulan kedua, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Kedua pasangan ini pernah sekali bertemu dan dimenangkan Puavaranukroh/Sapsiree.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan