Terputar

Title

Artist


 Sekelompok penyelam dibuat kaget saat mereka bertemu langsung dengan oarfish raksasa yang langka di lepas pantai Taiwan baru-baru ini.

Ditulis oleh pada Juli 22, 2023

Wakil Presiden RI Beri Pembekalan Kepada 833 Capaja Akademi TNI dan Polri

Sekelompok penyelam dibuat kaget saat mereka bertemu langsung dengan oarfish raksasa yang langka di lepas pantai Taiwan baru-baru ini.

Sebuah video menjadi viral mengenai pertemuan tersebut. Video itu awalnya diterbitkan oleh instruktur selam Wang Cheng-Ru pada bulan Juni lalu. Videonya menunjukkan, kelompok penyelam bertemu dengan ikan laut dalam di perairan dangkal di lepas pantai Distrik Ruifang di sudut timur laut pulau.

Rekaman mengenai oarfish raksasa jarang ditemukan karena biasanya ikan laut dalam ini baru bisa ditemukan di kedalaman antara 200 (60 meter) dan 1.000 kaki (304 meter) di bawah permukaan laut.

Menurut legenda, penampakan ikan berwarna perak berkilauan di tubuhnya adalah tanda bencana yang akan datang. Namun, video tersebut menunjukkan bahwa oarfish yang ditemui oleh kelompok tersebut tampak terluka.

“Banyak hewan luar biasa dapat ditemukan di lepas pantai timur laut Taiwan… tetapi ini adalah pertemuan pertama saya dengan oarfish raksasa,” kata Cheng-Ru kepada Newsweek .

Oarfish raksasa adalah penghuni laut dalam yang biasanya hidup sekitar 700 kaki di bawah permukaan tetapi telah ditemukan sedalam 3.280 kaki di bawah laut .

Oarfish dapat ditemukan di seluruh dunia di perairan non-Arktik dan dicirikan oleh tubuh tanpa sisik yang ditutupi guanin keperakan.

Oarfish sebagai ikan bertulang terpanjang di dunia oleh Guinness World Records. Pada tahun 1963, seekor oarfish ditangkap di New Jersey yang diperkirakan memiliki panjang 50 kaki atau sekitar 15 meter, dan pada tahun 1885, contoh seberat 600 pon ditangkap di Maine.

Nama ilmiah ikan tersebut adalah Regalecus glesne.

Oarfish tidak memiliki gigi dan memakan plankton melalui penyapu insang .

Meskipun ikan tersebut mungkin menjadi inspirasi untuk kisah monster laut, tidak ada laporan pertemuan dengan oarfish yang mengakibatkan bahaya.

Menurut cerita rakyat Jepang, penampakan oarfish adalah pertanda bencana yang akan datang.

Ikan itu disebut “ryugu no tsukai”, yang diterjemahkan menjadi “Utusan dari Istana Dewa Laut”, dan diyakini sebagai pelayan dewa laut Ryūjin.

Legenda mengatakan bahwa ikan dikirim dari istana dewa laut ke permukaan untuk memperingatkan orang akan datangnya gempa bumi.

Meski ada penampakan ikan tersebut menjelang gempa Tohoku 2011 dan bencana nuklir Fukishima, para ilmuwan yakin hubungan itu palsu.

“Tidak ada bukti ilmiah tentang keterkaitannya, jadi menurut saya orang tidak perlu khawatir,” kata Hiroyuki Motomura, seorang profesor ichthyology di Universitas Kagoshima kepada New York Post .

“Saya percaya ikan ini cenderung naik ke permukaan saat kondisi fisiknya buruk, terbawa arus air, itulah sebabnya mereka sering mati saat ditemukan.”


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan