Terputar

Title

Artist


Rekor suhu panas dilaporkan di seluruh dunia, dari Amerika Serikat hingga Tiongkok dan Eropa selatan. Bahkan di negara wisata Yunani

Ditulis oleh pada Juli 19, 2023

Rekor suhu panas dilaporkan di seluruh dunia, dari Amerika Serikat hingga Tiongkok dan Eropa selatan. Bahkan di negara wisata Yunani, terjadi kebakaran hutan akibat cuaca panas ekstrem bertemu dengan angin berkecepatan 45 mph.

Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, di banyak negara telah mencatat sebagai hari terpanas. “#KrisisIklim bukanlah sebuah peringatan. Sedang terjadi. Saya mendesak para pemimpin dunia untuk ACT (bertindak) sekarang,” ujarnya.

Di Amerika Serikat, hari Minggu suhu yang membara mencapai lebih dari 52 derajat Celsius di Death Valley California, menuju rekor dunia 56,7 derajat Celsius yang diyakini sebagai hari terpanas yang pernah tercatat di bumi.

Sementara itu, di China suhu mencapai rekor 52,2 derajar Celsius, dan Jepang mencapai rekor 42 derajat Celsius dalam beberapa hari.

Organisasi Meteorologi Dunia telah memperingatkan gelombang panas Mediterania akan meningkat pada pertengahan minggu, dengan para ahli memperingatkan beberapa hari mendatang dapat melihat beberapa bagian di kawasan ini, suhunya bisa mencapai 48,8 derajat Celsius.

Badan Antariksa Eropa juga memperingatkan gelombang panas bisa mencapai 48 derajat Celsius di pulau Sisilia dan Sardinia.

Menariknya, Arktik yang dingin juga menghangat dengan suhu yang mencapai 28,8 Celsius di mercusuar Slettnes Fyr di ujung utara Norwegia, sementara di Aljazair, rekor malam minimum baru 39,6 derajat Celsius ditetapkan untuk negara di Afrika ini.

Tidak heran para ilmuwan memprediksi 2023 akan menjadi tahun terpanas sejak pencatatan dimulai pada pertengahan abad ke-19.

Dr Akshay Deoras, dari departemen meteorologi University of Reading mengatakan: “Meningkatnya suhu yang dipicu oleh emisi gas rumah kaca meningkatkan panas di Eropa dan seluruh planet kita.”

Dia menambahkan bahwa cuaca ekstrem yang “lebih sering dan intens” akan terjadi jika kondisi terus berlanjut seperti sekarang.

Tapi dia memberi sedikit harapan dan mengatakan belum terlambat untuk bertindak sekarang dan menghentikan Bumi berubah menjadi “inferno”.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan