Terputar

Title

Artist


Ratusan warga Pasar Lama Kelurahan Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor menggelar pawai obor Selasa (18/7/2023) malam guna menyambut Tahun Baru Islam 2023

Ditulis oleh pada Juli 19, 2023

Ratusan warga Pasar Lama Kelurahan Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor menggelar pawai obor Selasa (18/7/2023) malam guna menyambut Tahun Baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 Hijriah.

Warga memulai pawai dari Masjid Agung Mansurunal Muqqarabun, jalan alternatif Transyogi Cibubur. Warga yang terdiri dari kaum ibu, bapak, remaja hingga anak-anak sangat antusias mengikuti pawai obor ini yang diadakan satu tahun sekali.

Usep menuturkan pawai obor menyambut Tahun Baru Islam adalah tradisi warga di kampungnya. Tak hanya saat perayaan Tahun Baru Islam, biasanya tradisi ini juga diselenggarakan di awal Ramadan.

“Pawai obor ini sudah berjalan belasan tahun dan alhamdulillah warga masih semangat sehingga tradisi ini tidak luntur,” ucap Usep.

Menurut dia, menghelat pawai obor dan bersuka cita merayakan Tahun Baru Islam adalah bentuk takzim terhadap sejarah serta budaya Islam. Kegiatan tersebut juga untuk memperkenalkan sejarah Islam kepada generasi muda.

Tradisi pawai obor mulanya muncul ketika para sahabat Nabi Muhammad sedang mendiskusikan tentang bulan pertama di tahun hijriah. Kemudian Sayyidina Umar dan Utsman memutuskan bahwa bulan Muharram jatuh di bulan pertama.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan