Terputar

Title

Artist


Sebuah kapal selam yang membawa turis, di antaranya milarder Hamish Harding, untuk menjelajahi puing-puing Titanic dilaporkan hilang pada di lepas pantai tenggara Kanada

Ditulis oleh pada Juni 20, 2023

Sebuah kapal selam yang membawa turis, di antaranya milarder Hamish Harding, untuk menjelajahi puing-puing Titanic dilaporkan hilang pada di lepas pantai tenggara Kanada, Minggu waktu setempat (18/6/2023). Kapal dan pesawat dari AS telah dikerahkan.

Penjaga Pantai AS mengatakan ada satu pilot dan empat penumpang di dalam kapal dan kapal tersebut memiliki kapasitas untuk berada di bawah permukaan laut selama 96 jam, tetapi tidak jelas apakah kapal masih berada di bawah air atau telah muncul ke permukaan dan tidak dapat berkomunikasi.

Kapal dan pesawat AS dan Kanada telah berkerumun di area sekitar 900 mil (1.450 km) di sebelah timur Cape Cod, beberapa di antaranya menjatuhkan sonar yang dapat memantau hingga kedalaman 13.000 kaki (3.962 meter), kata Laksamana Madya Garda Pantai AS John Mauger kepada wartawan pada hari Senin (19/6/2023).

“Ini adalah daerah yang terpencil dan mencari di daerah terpencil tersebut merupakan tantangan,” kata Mauger.

“Kami menggunakan semua aset yang tersedia untuk memastikan bahwa kami dapat menemukan kapal dan menyelamatkan orang-orang di dalamnya,” katanya. “Malam ini, kami akan terus menerbangkan pesawat dan mengirimkan kapal tambahan.”

Mauger mengatakan pejabat juga telah menghubungi kapal-kapal komersial untuk mendapatkan bantuan.

Perusahaan swasta yang mengoperasikan kapal selam tersebut, OceanGate Expeditions, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (19/6/2023) bahwa mereka “mengerahkan segalanya” untuk menyelamatkan orang-orang di dalamnya. Miliarder Inggris Hamish Harding adalah salah satu penumpangnya, menurut unggahan media sosial dari seorang kerabat.

Penjaga Pantai AS sebelumnya mengatakan di Twitter bahwa kapal di permukaan -Polar Prince- kehilangan kontak dengan kapal selam, yang disebut Titan, sekitar satu jam dan 45 menit setelah kapal itu mulai menyelam menuju lokasi puing-puing Titanic pada hari Minggu pagi.

OceanGate mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang luas yang telah kami terima dari beberapa lembaga pemerintah dan perusahaan penyelaman laut dalam dalam upaya kami untuk menghubungi kembali kapal selam.”

Anak tiri Harding menulis di Facebook bahwa Harding telah “hilang di kapal selam” dan meminta doa untuk keselamatan ayahnya. Namun, kemudian menghapus postingannya, dengan alasan menghormati privasi keluarga.

Harding sendiri telah memposting di Facebook bahwa ia akan berada di dalam kapal selam tersebut. Tidak ada postingan lebih lanjut darinya. Ekspedisi tersebut berangkat ke laut pada hari Jumat, dan penyelaman pertama direncanakan pada hari Minggu pagi, sesuai dengan postingan Harding.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan