Terputar

Title

Artist


 Anthony Sinisuka Ginting sukses melaju ke final Indonesia Open 2023 setelah menaklukkan wakil Tiongkok, Li Shi Feng, di Istora Gelora Bung karno

Ditulis oleh pada Juni 17, 2023

Anthony Sinisuka Ginting sukses melaju ke final Indonesia Open 2023 setelah menaklukkan wakil Tiongkok, Li Shi Feng, di Istora Gelora Bung karno, Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

Lolosnya Ginting ke final disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang hadir bersama Ibu Negara Iriana serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

Berulang kali Presiden Jokowi memberikan semangat untuk Ginting dengan bertepuk tangan. Demikian juga Iriana Jokoei.

Unggulan kedua itu mengemas tiket babak pemungkas setelah menundukkan tunggal putra peringkat 10 dunia itu dengan skor 21-17 dan 21-15. Pemain asal Cimahi itu lolos ke final setelah berjuang 51 menit.

Pada pertandingan final, Minggu (18/6/2023), Ginting akan menghadapi pemain peringkat pertama dunia, Viktor Axelsen. Pemain Denmark ini meraih tiket pertandingan puncak setelah menundukkan wakil India, Prannoy HS, 21-15, 21-15.

Ini menjadi kemenangan keempat Ginting atas pemain berusia 23 tahun itu dalam empat pertemuan. Ginting juga menundukkan Li pada perempat final Singapore Open.

Ginting sempat tertinggal hingga 2-5 di awal pertandingan. Namun berkat smes dan permainan net yang ditunjukkannya Ginting berhasil merebut enam poin beruntun dan berbaik unggul 7-5.

Kesalahan sendiri yang dilakukan Li membuat Ginting terus menambah angka. Juara Singapore Open dua tahun beruntun kemudian unggul 11-6 sehingga terjadi interval.

Bermain tenang dan percaya diri, Ginting tampil menekan dan membawanya terus menambah angka. Namun Li juga tak menyerah. Dia berbalik membuat Ginting tertekan dan sempat memperkecil selisih menjadi hanya dua poin dan membuat skor menjadi 14-16.

Namun Ginting tak mau larut dalam permainan lawan dan kembali bangkit. Li memang sempat beberapa kali mengumpulkan poin namun tek pernah bisa menyamakan kedudukan. Ginting pun menyelesaikan gim pertama dengan skor 21-17 dalam waktu 22 menit.

Memasuki babak kedua, Ginting kembali tertinggal. Permainan menekan yang dilakukan Li membuat Ginting terus kehilangan poin. Ginting sempat tertinggal hingga empat poin dalam kedudukan 1-5.

Namun berkat ketekunan dan bermain tenang, Ginting mampu menyamakan kedudukan menjadi 9-9. Li sempat mencapai 10 poin lebih dahulu namun kembali berhasil disamakan Ginting. Namun Li mencapai poin 11 lebih dulu sehingga terjadi interval dengan selisih satu poin.

Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan Ginting, membuat Li merebut tiga angka beruntun dan unggul 13-10. Namun Ginting tak mau menyerah. Penempatan bola yang prima serta smes yang dilancarkannya membuat dia sukses merebut tiga poin beruntun dan menyamakan skor menjadi 14-14.

Li memang sempat merebut satu poin, namun Ginting menunjukkan ketangguhannya dan tiga poin beruntun dan berbalik unggul 16-14. Ginting merebut lima poin beruntun dan menyelesaikan gim kedua ini dengan skor 21-15.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan