Terputar

Title

Artist


Setiap tahunnya, jalur alternatif Subang Selatan sering digunakan pemudik yang akan pulang kampung menuju Kabupaten Bandung, Sumedang

Ditulis oleh pada Maret 26, 2023

Setiap tahunnya, jalur alternatif Subang Selatan sering digunakan pemudik yang akan pulang kampung menuju Kabupaten Bandung, Sumedang maupun Indramayu dan sekitarnya.

Pemudik sering menggunakan jalur alternatif Subang Selatan ini, karena jarak waktu tempuh yang lebih singkat dan menghindari kemacetan.

Kapolsek Sagalaherang, Iptu Irfan Taufik Firmansyah mengatakan, jalur alternatif Subang Selatan, Sagalaherang sering dijadikan jalur Alternatif saat arus mudik menuju Bandung yang melintasi Desa Cicadas.

Jalur mudik alternatif di kawasan Sagalaherang, Kabupaten Subang, mulai dari perbatasan Kabupaten Purwakarta, kondisi jalannya sangat layak untuk dilalui pemudik.

“Walaupun di beberapa titik ada kerusakan jalan atau berlubang, namun jalur alternatif ini bisa dilalui oleh pemudik yang hendak berlebaran di kampung halaman,” kata Irfan Taufik Firmansyah, Sabtu (25/3/2023).

Taufik menjelaskan, selain dijadikan jalur alternatif dari arah barat Kabupaten Purwakarta, jalur Subang Selatan juga menuju Kabupaten Sumedang dan Indramayu hingga ke arah Kabupaten lainnya. Jalur mudik ini, melintasi Jalan Cagak, Kasomalang, Cisalak dan Kecamatan Tanjung Siang.

“Jalur alternatif Sagalaherang juga menuju Kabupaten Bandung yang melintasi Desa Cicadas dan keluar di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, hingga masuk lagi ke jalur utama Subang menuju Bandung,” jelasnya.

Namun, lanjut Taufik, pemudik saat menggunakan jalur mudik alternatif tersebut harus waspada dan berhati-hati. Pasalnya, selain jalanan yang licin saat turun hujan, jalan tersebut menikung dan menanjak, bahkan minim lampu penerangan jalan.

“Jalur alteri dari Sagalaherang menuju Ciater, sering ramai saat arus wisata, dan digunakan kendaraan kecil roda 4 maupun roda 2. Masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran, kami minta untuk berhati-hati, dan perlengkapan kendaraan harus dilengkapi, sehingga aman dan nyaman saat berkendara,” pungkasnya.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan