Terputar

Title

Artist


FIFA memberikan sejumlah catatan minus untuk enam stadion yang rencananya digunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023

Ditulis oleh pada Maret 7, 2023

FIFA memberikan sejumlah catatan minus untuk enam stadion yang rencananya digunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023. Hal ini diungkapkan Ketua PSSI, Erick Thohir yang mengatakan pembenahan secepatnya perlu dilakukan jika ingin stadion itu tidak dicoret oleh FIFA.

“Catatannya banyak. Bukan saya yang mencatat, tapi FIFA. Kami akan bekerja keras, daripada malu (jika nanti dicoret),” kata Erick di GBK Arena, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Sejumlah catatan itu antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, yang dinilai perlu memperbaiki lokasi penempatan kamera dan pagar pembatas tempat latihan.

Berikutnya Stadion Si Jalak Harupat, Bandung yang perlu memerhatikan kondisi tribun dan area penayangan siaran. Sementara Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang memiliki masalah di area parkir.

Adapun Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya perlu membenahi akses media, area penonton difabel, parkir, kursi di sisi selatan, dan lainnnya.

Erick Thohir mengatakan renovasi arena pertandingan dan latihan Piala Dunia U-20 2023 menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu berharap semua pekerjaan perbaikan dapat dituntaskan dengan baik.

“Ada bagian kerja pemerintah pusat yang dipimpin Pak Basuki langsung (Hadimuljono, Menteri PUPR). Ada juga peran yang sangat penting dari pemerintah daerah karena keberadaan ‘host city contract’,” ucap Erick.

FIFA rencananya akan datang melakukan audit seluruh stadion tersebut pada 21-27 Maret. Sementara Piala Dunia U-20 2023 dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni.

Sejauh ini sebanyak enam stadion disiapkan, meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Sebanya 20 negara dari total 24 telah lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Mereka ialah tuan rumah Indonesia, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Brasil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan