Terputar

Title

Artist


Manchester City gagal mendekati pemimpin klasemen Arsenal setelah menyerah 0-1 di kandang Tottenham Hotspur dalam partai Liga Inggris

Ditulis oleh pada Februari 6, 2023

Manchester City gagal mendekati pemimpin klasemen Arsenal setelah menyerah 0-1 di kandang Tottenham Hotspur dalam partai Liga Inggris, Minggu (5/2/2023). Gol tunggal tuan rumah dilesakkan striker Harry Kane.

Kekalahan ini membuat Manchester City gagal mempertipis selisih dengan pemimpin klasemen Arsenal yang sehari sebelumnya kalah juga dengan skor 0-1 di Everton. Kini Manchester City yang memiliki 45 poin tetap tertinggal lima poin oleh pesaing beratnya itu.

Sementara bagi Tottenham, kemenangan ke-12 ini membuat pasukan Antonio Conte bertengger di posisi kelima dengan 39 poin. Mereka tertinggal satu poin oleh penghuni urutan keempat Newcastle United.

Kekalahan ini juga meneruskan kutukan Manchester City yang tak pernah bisa menang di kandang Tottenham. Mereka menderita kekalahan dalam lima lawatan beruntun ke markas Tottenham.

Dalam pertandingan di Stadion Tottenham Hotspur ini, pelatih Manchester City, Pep Guardiola memasang formasi 4-4-2. Dia menduetkan striker Julian Alvarez dengan Erlling Haaland. Sementara barisan gelandang diisi Jack Grealish, Bernardo Silva, Rodri, dan Riyad Mahrez.

Sementara pelatih Tottenham, Antonio Conte mengusung pola 3-4-2-1. Harry Kane menjadi ujung tombak tunggal didukung 21 Dejan Kulusevski dan Son Heung-Min. Sementara lini tengah diisi Emerson Royal,Pierre-Emile Hojbjerg, Rodrigo Bentancur, dan Ivan Perisic.

Pelatih asal Italia ini juga memasang tiga bek Cristian Romero, Eric Dier, dan Ben Davies untuk mengawal kiper Hugo Lloris.

Manchester City melakukan tekanan pada menit ke-13. Riyad Mahrez melayangkan umpan dari sisi kanan ke tiang jauh. Jack Grealish berusaha memanfaatkan sodoran pemain Aljazair itu namun dihalangi Emerson.

Meski City berinisiatif menyerang, Tottenham Hotspur justru unggul lebih dulu pada menit ke-15 berkat gol Harry Kane.

Gol berawal dari kesalahan gelandang Manchester City, Rodri, saat mengoper bola. Bola direbut Pierre-Emile Hoejbjerg yang kemudian memberikan umpan kepada Harry Kane. Striker Timnas Inggris ini tak menyia-nyiakan kesempatan. Tak terkawal dengan leluasa Kane menaklukkan kiper Ederson.

Gol ini membuat Kane menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Tottenham dengan koleksi 267 gol.

Menit ke-40, Manchester City nyaris menyamakan kedudukan. Rodri melepaskan tendangan dari luar kotak penalti menyambut umpan menyusur tanah Julian Alvarez. Namun tendangan pemain asal Spanyol ini tepat dalam pelukan Hugo Lloris.

Menit ke-44, Tottenham kembali mendapat peluang. Menyusul sepak pojok, mereka menciptakan kemelut depan gawang Man City. Beberapa kali pemain Tottenham melepaskan tendangan namun selalu membentur pemain Man City.

Di pengujung babak pertama, Man City nyaris menyamakan kedudukan. Ryad Mahez melayang tendangan ke arah gawang namun membentur mistar. SKor 2-0 untuk keunggulan Tottenham bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua, Tottenham kembali lebih banyak menyerang. Namun Manchester City juga beberapa kali mendapat peluang. Menit ke-64, Julian Alvarez menekan dengan tembakan memanfaatkan umpan Kevin De Bruyne namun gagal membuahkan gol karena diblok.

Tak lama kemudian Kevin De Bruyne juga mendapat peluang. Namun tendangannya gagal menemui target.

Menit ke-70, Harry Kane mendapat peluang emas. Mendapat sodoran Son Heung Min, dia berhasil lolos dari kawalan dua bek lawan. Namun tembakannya gagal membuah gol lantaran diblok kiper Ederson.

Menit ke-75, Tottenham kembali mendapat peluang. Son Heung Min melancarkan tendangan keras namun dapat ditepis Ederson. Harry Kane memanfaatkan bola muntah dengan memberikannya kepada Pierre-Emile Hojbjerg. Namun bola hasil tendangannya melenceng dari sasaran.

Tottenham harus tampil dengan 10 pemain pada menit ke-86 setelah bek Cristian Romero mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Jack Grealish.

Saat injury time, Rico Lewis menciptakan peluang untuk Erling Haaland. Dia melepaskan tendangan melambung ke depan gawang. Namun bola umpannya terlebih dulu ditangkap kiper Hugo Lloris.

Manchester City juga menciptakan peluang beberapa saat kemudian. Rodrigo berupaya memanfaatkan umpan dengan sundulan namun dia bertabrakan dengan Hugo Lloris.

 


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan