Terputar

Title

Artist


Klub yang bermain di liga tingkat ke-4 Inggris, Gillingham, membuat kejutan di Carabao Cup 

Ditulis oleh pada November 10, 2022

Klub yang bermain di liga tingkat ke-4 Inggris, Gillingham, membuat kejutan di Carabao Cup dengan mengalahkan klub Liga Premier Brentford melalui adu penalti, Rabu (9/11/2022) dini hari WIB. Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, menjadi perhatian netizen karena ikut membela Gillingham sejak menit pertama.

Adu penalti terjadi setelah skor 1-1 bertahan hingga akhir waktu normal pada laga yang digelar di Gtech Community Stadium, London Barat, markas Brentford.

Gillingham Singkirkan Brentford, Bek Timnas Elkan Baggott Trending

Elkan Baggott.

Kemenangan Gillingham ini mengikuti cerita-cerita menarik Carabao Cup sebekumnya di mana klub kecil atau papan bawah menggulingkan klub yang bermain di liga utama.

Gillingham adalah klub di Liga Dua Inggris atau League Two. Posisi kompetisi liga ini disebut keempat karena berada di bawah Liga Premier Inggris, Liga Championship, dan Liga Satu (League One). Jadi jaraknya cukup jauh.

Bukan hanya itu. Gillingham saat ini berada di urutan bawah klasemen sementara League Two. Dari 24 klub yang ada di League Two, Gillingham berada di urutan ke-22. Dua terbawah akan mengalami degradasi.

Dari 16 laga yang sudah dijalankan hingga pekan ini, Gillingham baru meraih 13 poin dengan selisih gol minus 11. Dua klub di bawahnya adalah Hartlepool United dan Colchester United. Sedangkan peringkat tertinggi di klasemen adalah Leyton Orient.

Nama-nama klub tersebut relatif masih asing di telinga penggemar bola Indonesia. Karena itu, cukup mengejutkan bila Gillingham mampu menjungkalkan klub Liga Premier Brentford.

Brentford adalah klub yang kini bertengger di urutan 11 Liga Premier. Klub inilah yang melumat Manchester United dengan empat gol tanpa balas pada 19 Agustus 2022 lalu. Pantas bila kekalahan Brentford dari klub gurem menjadi perhatian khalayak. Apalagi kekalahan itu terjadi di kandang sendiri di mana dukungan suporter tuan rumah lebih menggelegar ketimbang lawan.

Yang lebih menarik bagi publik sepak bola Indonesia adalah karena di Gillingham ada Elkan Baggott, bek andalan Timnas Indonesia. Elkan Baggott dimainkan penuh pada pertandingan ini.

Gillingham Singkirkan Brentford, Bek Timnas Elkan Baggott Trending

Elkan Baggott.

Gillingham menang 6-5 dalam adu penalti. Meski tidak mencetak gol maupun ikut sebagai penendang pada adu penalti, sosok Elkan Baggott menghiasi sejumlah foto yang diunggah di situs resmi Gillingham.

Barangkali klub yang bermarkas Stadion Priestfield ini tahu bahwa penggemar Elkan Baggott cukup banyak di Indonesia. Dan benar saja, Elkan Baggott termasuk trending di Twitter Rabu pagi, selain Brentford.

Gillingham Singkirkan Brentford, Bek Timnas Elkan Baggott Trending

Pemain Gillingham Mikael Mandron merayakan golnya ke gawang Brentford.

Baggott sejatinya adalah pemain Ipswich U-21. Namun ia dipinjamkan ke Gillingham pada 8 Juli 2022 lalu. Sesuai perjanjian, peminjaman Baggott sampai 31 Mei 2023.

Pemain kelahiran Bangkok 23 Oktober 2002 ini sudah 15 kali tampil membela Gillingham musim ini di League Two. Elkan Baggott menyumbangkan dua gol masing-masing saat timnya melawan Stevenage FC dan Barrow AFC, pada Oktober 2022 lalu.

Kini Elkan Baggott tercatat sebagai pemain Indonesia yang pertama kali bermain di FA Cup, di Carabao Cup, dan tampil menghadapi tim Liga Premier di kompetisi resmi.

Jalannya Pertandingan
Dikutip dari situs resmi Gillingham FC, Brentford memimpin lebih dulu melalui Ivan Toney pada menit ke-3. Mikkel Damsgaard yang berada di sisi kanan pertahanan Gillingham lolos dari jebakan offside menyusul umpan panjang dari daerah pertahanan Brentford.

Damsgaard kemudian melepaskan umpan ke Toney yang berdiri bebas tanpa pengawalan di sisi kiri pertahanan Gillingham. Toney melesakkan bola ke gawang Jake Turner dengan santai.

Gillingham Singkirkan Brentford, Bek Timnas Elkan Baggott Trending

Kiper Gillingham, Jake Turner.

Pertandingan tampaknya bakal dimenangkan tuan rumah. Beberapa kali serangan Brentford mengancam gawang Jake Turner.

Dari statistik pertandingan, Brentford unggul di semua sisi. Jumlah tendangan tepat ke gawang dan di luar target 14 banding 1. Klub di bawah asuhan Thomas Frank ini cukup mendominasi laga. Buktinya penguasaan bolanya 81% dibanding lawannya yang hanya 19%.

Namun Gillingham mampu menyamakan kedudukan melalui peluang terbaik mereka pada menit ke-75. Mikael Mandron, pemain yang baru masuk menit ke-64, memanfaatkan umpan silang Alex MacDonald. Sundulan Mandron melewati jangkauan kiper David Raya di tiang dekat. Gol.

Gillingham Singkirkan Brentford, Bek Timnas Elkan Baggott Trending

Mikael Mandron dan kiper Gillingham, Jake Turner.

Pertandingan berakhir 1-1 dan berlanjut ke adu penalti. The Gills, sebutan Gillingham, mencetak enam gol mereka dengan mulus. Mikkel Damsgaard, penendang keenam Brentford, gagal. Tendangannya membentur mistar gawang.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan