Terputar

Title

Artist


Pol Espargaro jatuh, Marc Marquez hanya finis kesepuluh, dan dia juga harus segera bersiap terbang ke Amerika Serikat

Ditulis oleh pada Mei 30, 2022

Pol Espargaro jatuh, Marc Marquez hanya finis kesepuluh, dan dia juga harus segera bersiap terbang ke Amerika Serikat untuk menjalani operasi setelah usainya Grand Prix Italia, Minggu (29/5/2022).

Ditambah prospek Marquez bakal absen di sejumlah balapan untuk menjalani pemulihan pasca-operasi, suasana di tim Repsol Honda bukan hanya hening, tetapi juga bisa dibilang tanpa antusiasme menyambut balapan berikutnya di Barcelona.

“Hasil finis kesepuluh yang diraih Marc Marquez dalam balapan sebanyak 23 putaran itu menjadi satu-satunya imbalan bagi tim Repsol Honda setelah tiga hari penuh kerja keras di Mugello, karena Pol Espargaro jatuh di awal balapan,” bunyi pernyataan tim yang diterima .

Sebetulnya perolehan enam poin yang disumbangkan Marquez bukan hasil terburuk Repsol Honda dalam delapan seri yang telah berlangsung musim ini.

Mereka pernah hanya mendapat empat poin di Mandalika ketika Marquez absen akibat cedera, dan bahkan gagal mendapat poin sama sekali di Argentina karena Espargaro jatuh dan Marquez juga masih absen.

Namun, di Sirkuit Mugello Marquez sudah memutuskan untuk rehat sejenak dari balapan guna menjalani operasi lengan kanannya. Selasa besok, dia harus terbang menuju Mayo Clinic di Amerika Serikat dan setelah itu pulang ke Spanyol untuk menjalani pemulihan.

Artinya, Repsol Honda harus semata-mata mengandalkan diri pada Espargaro, yang tampil tidak konsisten musim ini dan sudah jatuh dalam dua balapan. Dia bahkan sudah tertinggal 20 poin dari Marquez yang total hanya mengikuti enam balapan saja.

Honda sudah memastikan bahwa Marquez bakal kembali absen setidaknya untuk balapan di Barcelona.

Marquez menegaskan operasinya tidak bisa ditunda lagi, mengingat peluang dia untuk kembali ke papan atas MotoGP sudah tertutup musim ini karena kendala fisiknya. Prioritas dia sekarang adalah mengembalikan kondisi fisiknya secepat mungkin dan kemudian mengukur kemampuannya di sisa musim 2022 agar bisa kembali kompetitif tahun depan.

Marquez sedang berlomba dengan waktu dan menyebut operasinya nanti sebagai “balapan paling penting musim ini”.

“Saya jadi sangat sulit berkonsentrasi karena pekan depan akan sangat penting bagi karir saya, tetapi saya bangga bisa menuntaskan balapan tadi. Saya ingin bisa segera bertemu kembali dengan semua orang,” ujar Marquez.

Bahu kanannya mengalami cedera serius akibat terjatuh di Sirkuit Jerez musim 2020, sehingga harus dipasangi plat. Cederanya itu acap kambuh dan platnya juga harus dipasang ulang, yang membuatnya absen sepanjang tahun itu.

Rangkaian kecelakaan berikutnya di 2021 juga membuatnya absen di penghujung musim. Masuk tahun 2022, dia kembali terpelanting dan terhempas keras ke aspal saat sesi pemanasan di Mandalika, sehingga gejala diplopia atau penglihatan ganda kambuh lagi, yang membuatnya absen di dua balapan.

Maka setelah balapan di Mugello keputusan harus dibuat: memulihkan kondisi fisik sepenuhnya sebelum kembali ke trek.


Pendapat pembaca

Tinggalkan balasan