Tinjau Program TMMD 102 di Wilayah Kodim 1415/Selayar Tim Wasev Mabesad Titipkan Perawatan Jalan dan Jembatan

0 50

 

DRADIOQU.COM – Kunjungan kerja rombongan tim pengawas dan evaluasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102 tahun 2018, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) ke wilayah Kodim 1415/Selayar, Sulsel, memasuki hari kedua.

Dalam kunjungan kerja hari kedua, di hari Selasa, (04/09) 2018, Ketua Tim Wasev Mabesad, Mayjen TNI Drs. Amrin., M.A.P yang didampingi Pabandiya-2/Binlatnister dan Sarpras Spaban II/Puanter Sterad, Letkol Arm Stefie Jantje Nuhujanan, berkenan melakukan peninjauan dan mengevaluasi hasil pelaksanaan program TMMD 102 di wilayah Makodim 1415/Selayar dengan mengunjungi lokasi pembuatan jembatan dan lokasi perintisan jalan penghubung antar desa sepanjang kurang lebih dua ribu delapan ratus meter di wilayah Kampung Dodaiya, Desa Harapan dan Laiyolo Baru.

Rombongan disambut antusias Ketua DPRD Kepulauan Selayar, Drs. Mappatunru bersama Danramil 1415/01 Bontosikuyu, Mayor Arh Achmad Sarro, Camat Bontosikuyu, Muh. Basir, SH, Kepala Desa Laiyolo Baru, Muh. Hasbi dan Kepala Dusun Dodaiya, Muh. Amin bersama segenap komponen warga masyarakat Kecamatan Bontosikuyu.

Usai meninjau program TMMD, rombongan berkenan melakukan tatap muka sekaligus menyampaikan arahan di hadapan warga masyarakat kampung Dodaiyah dan bersilaturahmi dengan warga yang rumahnya menjadi home stay tempat tinggal tim satgas TMMD 102 tahun 2018.

Dalam arahannya dihadapan warga masyarakat, Mayjen TNI Drs. Amrin. M.A.P menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh komponen satgas TMMD 102 Kepulauan Selayar, terutama Dandim 1415/Selayar, Letkol Arm Yuwono, S.Sos., M.M, selaku Dansatgas TMMD 102, tahun 2018, atas terselenggaranya program perintisan jalan penghubung antar desa di Kecamatan Bontosikuyu yang dinilai sangat membantu dan memberikan kemudahan mobilitas transportasi bagi warga masyarakat kampung Dodaiyah dan Desa Laiyolo Baru.

Dalam kaitan itu pula, Mayjen TNI Drs. Amrin, M.A.P menitipkan harapan kepada warga masyarakat Kecamatan Bontosikuyu untuk mensyukuri nikmat dan karunia kemudahan serta bantuan stimulan anggaran perintisan jalan dari pemerintah yang kemudian dikerjakan bersama-sama oleh institusi TNI Kodim 1415/Selayar dengan segenap komponen terkait, baik Polri, unsur kementerian, dan non kementerian, hingga pelibatan elemen Dinas, Badan, Kantor, dan mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama, ketua Tim Wasev Mabesad, Mayjen TNI Drs. Amrin, M.A.P juga tak luput menitipkan salam dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) serta ucapan terima kasih kepada segenap komponen warga masyarakat atas bantuan kerjasama dan kontribusi kebersamaan warga dalam peaksanaan program TMMD 102 tahun 2018 di wilayah Kodim 1415/Selayar.

Ucapan terima kasih disampaikan secara khusus oleh Ketua Tim Wasev Mabesad kepada warga masyarakat yang telah dengan ikhlas dan sukarela menghibahkan lahan tanah miliknya kepada negara untuk digarap sebagai aksesibilitas jalan umum bagi kepentingan bersama segenap warga dan keluarga masyarakat Kecamatan Bontosikuyu.

Permintaan maaf juga ikut disampaikan Mayjen TNI Drs. Amrin. M.A.P atas segala bentuk kekhilafan dan kesalahan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja oleh prajurit TNI-AD dari lintas angkatan, selama berinteraksi dengan warga masyarakat di sekitar lokasi TMMD.

Program TMMD 102 tahun 2018 sendiri kata dia, dimaksudkan sebagai salah satu media komunikasi untuk mendekatkan warga dengan institusi TNI dan menghapus ruang sekat antara TNI dan warga masyarakat.
TNI dan masyarakat diharapkan tidak lagi akan terpisahkan oleh ruang dan jarak yang dilatar belakangi oleh kesenjangan sosial. Sebab pada dasarnya, TNI merupakan bagian kehidupan masyarakat.

Anggota TNI lahir dari rahim rakyat dan pada akhirnya akan kembali membaur dengan lingkungan kehidupan masyarakat, setelah memasuki usia pensiun. Oleh karenanya, masyarakat diminta untuk tidak sungkan menyampaikan keluh-kesah dan permasalahan yang dihadapi oleh warga kepada institusi TNI melalui Babinsa, Danramil, Dandim, dan Pangdam XIV/Hsn, cetusnya di hadapan Ketua DPRD Kepulauan Selayar, Drs.

Mappatunru dan segenap rombongan yang mendampingi rangkaian kunjungan kerjanya ke Kampung Dodaiyah.
Terakhir,ia menitipkan bangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang telah dibangun melalui program TMMD 102 tahun 2018 untuk dijaga dan dirawat bersama-sama institusi Kodim 1415/Selayar dan masyarakat, disertai harapan agar infrastruktur jalan tersebut dapat betul-betul bermanfaat bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat petani, terutama petani kelapa dan kopra di Kabupaten Kepulauan Selayar yang telah menembus pasar Surabaya.
Meninggalkan kampung Dodaiyah, rombongan bergeser menuju kawasan wisata Sunari Beach Resort dan memenuhi undangan jamuan makan siang di baruga milik Ketua DPRD Kepulauan Selayar. (fadly syarif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.