Terputar

Title

Artist


Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi berpamitan sekaligus menitip pesan kepada Komisi I DPR untuk mendukung perjuangan Palestina

Ditulis oleh pada September 13, 2024

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi berpamitan sekaligus menitip pesan kepada Komisi I DPR untuk mendukung perjuangan Palestina,  Kamis (12/9/2024). Sosok Menlu Retno yang dikenal sebagai pejabat yang mendukung perjuangan Palestina melalui kebijakannya ini menarik untuk diulas.

Pada rapat terakhirnya bersama Komisi I DPR, Menlu Retno menitipkan pesan kepada para anggota DPR untuk berkontribusi pada perjuangan Palestina, merangkum sejumlah kebijakan Menlu Retno yang mendukung perjuangan Palestina, berikut ulasannya:

1. Diplomasi Indonesia untuk Palestina tidak pernah berhenti. Menlu Retno menekankan bahwa Indonesia secara konsisten memegang prinsip dan nilai-nilai universal dan terus mendukung perjuangan Palestina, meski banyak sekali tekanan terhadap Indonesia. Termasuk agar Indonesia segera menormalisasi hubungan dengan Israel. Karena kekokohan dalam berprinsip inilah maka Indonesia dihormati oleh dunia internasional.

2. Mendorong segera terciptanya gencatan senjata, segera dan berkelanjutan (immediate and sustainable ceasefire). Tanpa ceasefire, upaya perbaikan situasi tidak akan terwujud.

3. Indonesia akan terus mendukung kerja United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA)  dan mendorong negara lain untuk terus memberikan dukungannya. Indonesia telah memberi contoh dengan menaikkan kontribusinya kepada UNRWA.

4. Indonesia juga terus berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Sejauh ini, Indonesia telah mengirimkan lebih dari 4500 ton bantuan kemanusiaan ke Palestina.

5. Mendorong agar semua keputusan International Court of Justice (ICJ) dapat dipatuhi oleh Israel. Indonesia berharap DK PBB dapat membuat sebuah keputusan yang dapat memaksa Israel untuk patuh dan menjalankan keputusan ICJ.

6. Mendorong lebih banyak negara mengakui negara Palestina. Ini antara lain yang dilakukan Menlu Retno dalam kunjungan ke Eropa, yakni menyuarakan pentingnya kemerdekaan Palestina.

7. Terus berupaya agar proses keanggotaan Palestina di PBB dapat dirampungkan.

“Perjuangan Palestina masih panjang. Perjuangan Indonesia dan dunia internasional untuk membantu Palestina juga masih panjang. Diperlukan konsistensi, diperlukan keberpihakan terhadap keadilan, perdamaian dan kemanusiaan. To defend justice and humanity. Itulah yang terus diupayakan politik luar negeri Indonesia,” ujar Menlu Re