Terputar

Title

Artist


YouTube memperluas fitur untuk orang tua mengontrol tontonan anak dengan menghubungkan akun mereka. Hal ini akan membuat orang tua mengetahui aktivitas tontonan anak

Ditulis oleh pada September 6, 2024

YouTube memperluas fitur untuk orang tua mengontrol tontonan anak dengan menghubungkan akun mereka. Hal ini akan membuat orang tua mengetahui aktivitas tontonan anak mereka, khususnya remaja di platform tersebut.

Melansir TechCrunch, Jumat (6/9/2024), setelah akun orang tua dan anak terhubung, maka orang tua akan diberi tahu mengenai aktivitas tontonan mereka, seperti jumlah unggahan, langganan, dan komentar.

Orang tua juga akan menerima pemberitahuan melalui email tentang peristiwa penting, seperti unggahan baru dan siaran langsung.

YouTube menyebut, dengan menghubungkan akun orang tua dan anak, tidak akan memengaruhi algoritma yang ditampilkan kepada anak.

Namun, orang tua akan dapat diberi tahu tentang unggahan baru di YouTube dan YouTube Shorts, bahkan jika video tersebut bersifat pribadi atau tidak terdaftar, dan mereka akan dapat melihat saat pengaturan privasi video diubah.

Pengalaman kontrol aktivitas YouTube remaja ini dibangun atas fitur kontrol orang tua yang diperkenalkan YouTube pada 2021. Hal itu memungkinkan orang tua mengawasi akun yang anak-anak di bawah usia persetujuan untuk layanan online, yakni 13 tahun ke bawah.

Pada saat itu, YouTube menyebut akan memperluas bagi kelompok usia yang lebih tua atau remaja di masa mendatang.

Selain itu, YouTube juga mengatakan telah bekerja dengan Komite Penasihat Remaja dan Keluarga dalam pengembangan kontrol baru ini.

Hingga saat ini, produk YouTube untuk anak-anak, termasuk aplikasi YouTube Kids dan pengalaman yang diawasi untuk praremaja, telah menjangkau lebih dari 100 juta pengguna aktif per bulan.