Terputar

Title

Artist


 Pelatih timnas Korea Selatan Hong Myung-bo mengatakan dia mengerti mengapa penggemar mencemoohnya sebelum, selama, dan setelah timnya bermain imbang 0-0

Ditulis oleh pada September 6, 2024

Pelatih timnas Korea Selatan Hong Myung-bo mengatakan dia mengerti mengapa penggemar mencemoohnya sebelum, selama, dan setelah timnya bermain imbang 0-0 dengan Palestina dalam pertandingan pembukaan fase ketiga kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026.

Pertandingan pada Kamis (5/9/2024), merupakan debut Hong sebagai pelatih sejak ia menggantikan Juergen Klinsmann pada awal Juli 2024 lalu. Ketidakpopuleran keputusan itu terlihat jelas ketika ia dicemooh oleh 60.000 penonton di Stadion Piala Dunia Seoul sebelum pertandingan dimulai.

Teriakan cemoohan terus berlanjut setiap kali Hong ditampilkan di layar lebar karena tim Korea Selatan yang dikapteni Son Heung-min gagal menembus pertahanan Palestina. Bahkan mereka mungkin beruntung tidak kebobolan satu gol pun.

“Saya mengerti apa yang terjadi dengan para penggemar. Ini adalah sesuatu yang harus saya hadapi ke depannya,” kata Hong tentang ejekan tersebut, seperti dilaporkan Yonhap New Agency.

“Saya rasa para pemain kami sudah melakukan yang terbaik hingga akhir, tapi kami salah langkah saat memulai fase kualifikasi ini. Kami tidak bermain sebaik yang kami inginkan di babak pertama, dan kami tidak dapat memanfaatkan peluang kami di babak kedua,” jelasnya.

Korea Selatan telah lolos dalam 10 penyelenggaraan terakhir putaran final Piala Dunia. Banyak penggemar yang berharap penunjukan pelatih asing baru sekaliber Guus Hiddink, yang pernah memimpin Taeguk Warriors ke semi-final pada Piala Dunia 2002.

Hong, kapten timnas 2002 dan salah satu pemain paling menonjol di seluruh turnamen. Ia masih punya waktu untuk membalikkan keadaan di babak kualifikasi, yang dimulai dengan pertandingan kedua grup B melawan Oman di Muscat Selasa depan.

“Kami harus kembali ke papan gambar besok dan memulai persiapan taktis untuk pertandingan berikutnya,” tambah Hong.

Pelatih tersebut juga mendapat dukungan dari Son, yang mengatakan sangat menyedihkan mendengar penggemar mencemooh Hong.

“Saya tidak bisa bicara atas nama para penggemar. Saya rasa mereka sudah punya pelatih yang mereka inginkan,” kata Son.

“Namun, kami tidak bisa mengubah keputusan ini. Pelatih sudah ada. Sebagai kapten tim ini, saya ingin meminta cinta dan dukungan dari para penggemar,” ujarnya.