Terputar

Title

Artist


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di wilayah Enggano, Bengkulu

Ditulis oleh pada September 6, 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di wilayah Enggano, Bengkulu, pada Jumat (6/9/2024) pagi. Gempa tersebut terjadi sekitar 129 km barat daya Kaur, Bengkulu, pada pukul 08.06 WIB.

“Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR, berlokasi 129 km Barat Daya Kaur-Bengkulu, pada 6 September 2024 pukul 08.06 WIB. Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” demikian pernyataan resmi BMKG.

Sejak awal tahun hingga 16 Agustus 2024, Provinsi Bengkulu telah diguncang oleh 746 kali gempa dengan variasi kekuatan magnitudo. Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Pertama, Muhammad Najib, menyampaikan bahwa gempa terbesar yang tercatat di Bengkulu tahun ini mencapai magnitudo 6,3 di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, sementara yang terkecil berkekuatan magnitudo 1,9.

BMKG mengimbau masyarakat di Bengkulu untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. Masyarakat diminta tidak panik serta tidak mudah percaya pada informasi yang tidak resmi terkait gempa yang terjadi.

Daerah-daerah di Provinsi Bengkulu yang sering dilanda gempa antara lain Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Pulau Enggano. Sebaran gempa ini hampir merata di seluruh wilayah provinsi tersebut.