Terputar

Title

Artist


Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Silfester Matutina mengungkapkan upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (17/8/2024) berlangsung khidmat, meriah, dan lancar

Ditulis oleh pada Agustus 18, 2024

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Silfester Matutina mengungkapkan upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (17/8/2024) berlangsung khidmat, meriah, dan lancar. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto akrab yang menandakan Indonesia maju bakal terwujud.

“Suasana kebatinan kita sangat terharu, bangga, bagaimana kita mendengarkan lagu Indonesia Raya, melihat pengibaran bendera Merah Putih, melihat Pak Jokowi yang sebentar lagi sudah tidak menjabat sebagai presiden,” ujar Silfester seusai acara.

Selain itu, Silfester mengungkapkan presiden terpilih Prabowo Subianto hadir menemani Joko Widodo (Jokowi) dalam gelaran upacara HUT ke-79 RI di IKN. Jokowi dan Prabowo, kata dia, terlihat akrab di upacara tersebut dan menjadi bukti keduanya akan selalu mewujudkan Indonesia Maju termasuk melanjutkan pembangunan IKN.

“Di samping Pak Jokowi, ada presiden terpilih Prabowo Subianto, beliau berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan IKN serta menjalankan program pemerintah. Hadirnya Jokowi dan Prabowo merupakan bukti nyata untuk membangun bangsa yang maju,” terang ketua umum Solidaritas Merah Putih (Solmed) ini.

Selain para menteri dan presiden, Silfester mengatakan, banyak masyakarat dari berbagai suku di seluruh Indonesia yang hadir untuk mengikuti upacara HUT ke-79 RI di IKN. Terkait Keppres Pemindahan IKN, Silfester mengaku memungkinkan akan ditandatangani oleh Prabowo Subianto.

Sebelumnya momen keakraban Jokowi dan Prabowo terlihat saat penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI perdana di Istana Negara, IKN, Sabtu. Keduanya duduk berdampingan di mana Prabowo berada di sisi kanan Jokowi, sedangkan Ibu Iriana Joko Widodo berada di sisi kiri.

Sesaat setelah inspektur upacara dan MC mengimbau Jokowi untuk menuju mimbar kehormatan. Prabowo terlihat menunggu Jokowi untuk duduk terlebih dahulu.

Sebelumnya, Jokowi juga menyalami Prabowo seusai memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi di IKN. Saat Jokowi kembali ke podiumnya, Prabowo berdiri untuk menyambut Jokowi, kemudian Prabowo menyodorkan tangan untuk bersalaman.

Setelah keduanya duduk, Prabowo dan Jokowi juga tampak berbincang dan saling melempar senyum antarkeduanya.

Pada momen HUT ke-79 RI ini, Prabowo menggunakan pakaian beskap berwarna hitam adat khas Jawa Timur dibalut mengenakan blangkon Udeng. Sementara itu, Jokowi mengenakan pakaian adat Kustin Kutai.