Terputar

Title

Artist


Film Siksa Kubur yang rilisbmenjadi perbincangan di tengah pencinta film Tanah Air. Salah satunya topik yang dibahas, yakni keinginan bertobat seusai menonton film ini.

Ditulis oleh pada April 18, 2024

Film Siksa Kubur yang rilis sejak Kamis (11/4/2024) menjadi perbincangan di tengah pencinta film Tanah Air. Salah satunya topik yang dibahas, yakni keinginan bertobat seusai menonton film ini. Mendengar hal tersebut, Joko Anwar sutradara film Siksa Kubur menanggapinya dengan rasa syukur.

“Respons atas banyak penonton yang tobat abis nonton, aduh, alhamdulillah,” kata Joko Anwar.

Joko mengaku tidak pernah menganggap film yang dia garap bakal mempunyai dampak yang dalam bagi masyarakat. Apalagi sampai masuk ranah pribadi, yaitu keimanan seseorang.

“Kami enggak nyangka efeknya sebesar ini. Namun, sangat kami syukuri kalau ada yang tergerak untuk beribadah setelah nonton Siksa Kubur,” ungkapnya.

Diketahui selain bergenre horor, film Siksa Kubur yang tayang saat momen Lebaran 2024 ini memang memuat unsur religi di dalam alur ceritanya.

Hingga penayangan hari ketujuh di bioskop, angka penonton film ini telah mencapai 2 juta penonton.

Saat ditanya mengenai target jumlah penonton film Siksa Kubur dan nazar khusus jika mencapai angka penonton tertentu, Joko Anwar membeberkan tidak pernah memasang target dalam setiap karya film yang dibuatnya.

“Kami di Come and See Pictures enggak pernah punya target atau proyeksi penontonnya berapa, tetapi kami berusaha untuk bikin filmnya sebaik mungkin dan membuat cerita serta karakter yang penonton bisa relate. Karena jumlah penonton itu enggak bisa ditargetkan karena ilmunya enggak ada. Nazar enggak ada. Tiap angka yang masuk, yang penting bersyukur saja,” tuturnya.

Sinopsis singkat film Siksa Kubur menceritakan perempuan bernama Sita. Perempuan tersebut baru saja ditinggal orang tuanya meninggal dunia akibat peristiwa bom bunuh diri.

Kejadian tersebut sangat membuat Sita terpukul, sehingga dia tidak percaya agama lagi. Sejak saat itu, tujuan hidup Sita hanya satu. Dia ingin mencari orang yang paling berdosa. Ketika orang tersebut meninggal, dia ingin ikut masuk ke dalam kuburannya untuk mencari pembuktian bahwa siksa kubur dan agama tidak nyata

Namun, ada konsekuensi yang harus ditanggung Sita karena tidak percaya dengan agama. Alih-alih berhasil membuktikannya, Sita malah mendapat teror gangguan dari makhluk gaib yang membuat dirinya ketakutan.

Film ini juga bertabur bintang dan artis ternama. Nama-nama, seperti Faradina Mufti, Reza Rahadian, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Djenar Maesa Ayu, Jajang C. Noer, Niniek L. Karim, Fachri Albar, Happy Salma, Widuri Putri, hingga Muzakki Ramdhan menjadi daftar pemeran di film Siksa Kubur.

Hingga saat ini, film Siksa Kubur masih tayang di bioskop-bioskop di Indonesia.