Terputar

Title

Artist


Akun Instagram selebritas Sandra Dewi tiba-tiba menghilang setelah mencuatnya kasus dugaan korupsi tata niaga timah yang melibatkan suaminya, Harvey Moeis. Aku Instagram @sandradewi88

Ditulis oleh pada April 13, 2024

Akun Instagram selebritas Sandra Dewi tiba-tiba menghilang setelah mencuatnya kasus dugaan korupsi tata niaga timah yang melibatkan suaminya, Harvey Moeis. Aku Instagram @sandradewi88  yang semula masih beredar di Instagram kini sama sekali tidak ditemukan.

Berdasarkan penelusuran melalui  Jumat (12/4/2024), akun Instagram Sandra Dewi yang resmi sama sekali tidak ditemukan di Instagram.  “Sorry this page isn’t available,” tulis Instagram ketika nama akun @sandradewi88 diketik di mesin pencarian Google.

Kini yang tersisa hanyalah akun-akun palsu yang justru menggunakan nama Sandra Dewi. Diketahui akun Instagram yang tiba-tiba menghilang terjadi karena beberapa faktor. Pertama, akun tersebut melakukan kegiatan yang dilarang oleh Instagram.

Misalnya saja mengunggah konten ilegal seperti mengandung unsur ujaran kebencian dan ancaman terhadap seseorang atau kelompok.Kedua, pemilik akun sudah tak aktif menggunakan platform tersebut selama 2 tahun ke belakang. Jika demikian Instagram biasanya menghapus akun tersebut.

Ketiga, akun Instagram dihilangkan oleh pengguna sendiri. Cara menghilangkan akun justru bisa dilakukan dengan beberapa metode. Pengguna bisa saja mengubah nama akun Instagram sehingga orang lain tidak bisa menemukannya.

Selain mengubah nama akun Instagram, pengguna memang diizinkan untuk melakukan dua langkah lain agar tidak bisa ditemukan di sosial media buatan Meta itu. Keduanya adalah menghapus dan menonaktifkan.

Dua langkah itu sama-sama bisa menghilangkan akun Instagram dari pantauan orang lain. Hanya saja konsekuensinya berbeda.

Pengguna yang menonaktifkan akun Instagram dimungkinkan untuk menyembunyikan seluruh konten akunnya dari pantauan orang lain. Sifatnya temporer dan bisa dikembalikan lagi jika memang diinginkan.

“Jika Anda menonaktifkan sementara akun Anda, profil, foto, komentar, dan suka akan disembunyikan hingga Anda mengaktifkan kembali dengan cara login kembali. Anda hanya bisa menonaktifkan akun Instagram Anda dari komputer, browser seluler, atau aplikasi Instagram,” tulis Instagram.

Kondisi itu berbeda jika pengguna lebih memilih menghapus akun Instagram. Jika dihapus maka seluruh konten akan menghilang permanen.

Instagram bahkan wanti-wanti kepada pengguna jika berniat menghapus akun Instagram. Alasannya mereka tidak akan bisa mengembalikan lagi seluruh data yang sudah ada sebelumnya, jika tiba-tiba pengguna ingin mengaktifkan lagi akun Instagram itu.

“Sebelum menghapus akun, sebaiknya Anda login dan mengunduh salinan informasi Anda (seperti foto dan postingan) dari Instagram. Setelah akun Anda dihapus, Anda tidak akan bisa mengakses fitur Unduhan Data Instagram,” terang Instagram.