Terputar

Title

Artist


Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengumumkan, AS dan Tiongkok telah sepakat melakukan pertemuan guna membahas keluhan utama AS mengenai model ekonomi Tiongkok

Ditulis oleh pada April 7, 2024

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengumumkan, AS dan Tiongkok telah sepakat melakukan pertemuan guna membahas keluhan utama AS mengenai model ekonomi Tiongkok.

Yellen menyampaikan, pembicaraan mengenai pertumbuhan yang seimbang akan membuka jalan bagi kedua negara untuk mendengarkan pandangan masing-masing, serta mencari solusi kekhawatiran AS terhadap surplus kapasitas manufaktur Tiongkok yang dapat mengganggu persaingan perusahaan-perusahaan AS.

“Tiongkok menyadari kekhawatiran kami terhadap dampak strategi industri mereka terhadap pasar AS, yang berpotensi membanjiri pasar dengan ekspor yang merugikan perusahaan-perusahaan kami,” kata Yellen, dilansir dari AP, Sabtu (6/4/2024).

Kantor berita Tiongkok Xinhua juga melaporkan, kedua negara telah sepakat untuk membahas berbagai masalah, termasuk keseimbangan pertumbuhan ekonomi AS, Tiongkok, dan global, serta stabilitas keuangan dan kerja sama dalam pemberantasan pencucian uang.

Xinhua melaporkan, Tiongkok telah menanggapi masalah kapasitas produksi yang dikeluhkan AS,tetapi tidak memberikan perinciannya. Tiongkok juga menyampaikan keprihatinan besar mereka atas perdagangan AS dan tindakan ekonomi yang membatasi Tiongkok.

Seperti diketahui, subsidi Pemerintah Tiongkok dan dukungan kebijakan lainnya telah mendorong produsen panel surya dan kendaraan listrik di Tiongkok berinvestasi di pabrik, sehingga membangun kapasitas produksi yang jauh lebih besar daripada yang dapat diserap pasar domestik. Banyak produk Tiongkok yang akhirnya diekspor dengan harga rendah, termasuk ke AS.