Terputar

Title

Artist


 Maskapai penerbangan Lion Air memprediksi penumpang pesawatnya akan naik hingga 20% saat Lebaran 2024

Ditulis oleh pada Maret 21, 2024

Maskapai penerbangan Lion Air memprediksi penumpang pesawatnya akan naik hingga 20% saat Lebaran 2024, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, pihak maskapai menyebut akan memberi harga diskon.

Presiden Komisaris Lion Air Group Rusdi Kirana mengatakan, lonjakan penumpang jelang mudik Lebaran merupakan hal biasa bagi maskapai. Lion Air sendiri tidak memiliki persiapan khusus menyambut kenaikan volume penumpang tersebut.

“(Persiapan) kita tidak ada perbedaan, karena selama dari hari ke hari dan kita sudah 23 kali menghadapi Lebaran, jadi persiapan normal-normal saja. Bukan sesuatu yang baru bagi kita,” ujarnya, saat ditemui di Lion City Balaraja, Tangerang pada Rabu (20/3/2024).

Pendiri Lion Air itu mengatakan, penambahan penumpang jelang mudik Lebaran biasanya diramaikan oleh pekerja rantau yang kembali ke kampung halaman. Selebihnya, penumpang bisnis ataupun sosial dan budaya tidak ada lonjakan khusus.

Seiring dengan kenaikan permintaan (demand) tiket pesawat untuk mudik Lebaran, Rusdi menyampaikan, pihaknya akan memberikan diskon bagi setiap rute penerbangan pada arus mudik dan balik Lebaran.

“Diskon kita harapkan tanggal 20 Maret bisa jalan. Dari satu flight, misal penerbangan rute Jakarta-Medan ada 200 seat, kita keluarkan 30 seat untuk promo. Jadi, setiap penerbangan kita alokasikan 20-30 seat promo. Setiap penerbangan kita ada promonya,” terangnya.

Namun, Rusdi tak memberikan bocoran pasti berapa besaran diskon yang akan diberikan kepada penumpang agar dapat membeli tiket pesawat dengan harga lebih rendah.

“Tergantung frekuensi. Misalnya, frekuensi yang banyak seperti Medan kita bisa beri diskon 30%. Tapi, kalau frekuensi 1-2 kali, diskonnya paling 10%, tergantung supply yang kita kirim. Promo bisa lebih banyak lagi karena supply lebih banyak,” tandasnya.