Terputar

Title

Artist


Terkadang pengguna iPhone merasa bosan dengan fitur yang dimiliki browser Safari, dan mereka mencari alternatif lainnya

Ditulis oleh pada Maret 20, 2024

Terkadang pengguna iPhone merasa bosan dengan fitur yang dimiliki browser Safari, dan mereka mencari alternatif lainnya.

Secara default, browser web Safari tersedia di setiap iPhone, termasuk seri iPhone 15. Namun, beberapa opsi penjelajahan web lainnya dapat ditemukan di App Store, masing-masing memiliki setidaknya satu fitur unik yang membedakannya dari yang lain.

Jika Anda mencari alternatif peramban lain, berikut ini rekomendasi aplikasi browser iPhone yang bisa Anda gunakan, dikutip dari Digital Trends, Selasa (19/3/2024).

1. Arc Search
Arc Search adalah tambahan terbaru pada pilihan browser web seluler, dan berevolusi dari versi desktop-nya, yang pertama kali diluncurkan pada 2023. Arc cukup berbeda dari browser web lainnya karena penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk melakukan pencarian atas nama pengguna.

Meskipun memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi, hasilnya adalah pengalaman penelusuran yang menarik. Dengan menggunakan fungsi “Jelajahi untuk Saya” pada aplikasi, pengguna dapat melihat halaman pencarian biasa dengan bantuan AI untuk mengumpulkan informasi dari enam sumber berbeda.

Fitur tersebut kemudian akan menghasilkan halaman web yang dipersonalisasi, menampilkan semua detail penting yang dibutuhkan untuk menjawab permintaan pencarian.

Arc juga menawarkan fitur Spaces, pengguna dapat mengatur tab dan tema, menciptakan tampilan yang lebih dipersonalisasi. Salah satu keunggulan Arc Search adalah prioritasnya terhadap keamanan dan privasi, dengan tidak melacak aktivitas browser atau riwayat pencarian pengguna.

2. Aloha
Aloha adalah browser web yang juga berfungsi sebagai VPN pribadi dan dilengkapi dengan plugin Adblock Plus untuk memblokir iklan yang mengganggu. Meskipun tersedia secara gratis, disarankan untuk mempertimbangkan pembelian salah satu opsi premium setelah masa uji coba gratis selama satu minggu.

Versi gratis Aloha menyertakan VPN yang mengenkripsi lalu lintas internet pengguna, sehingga memberikan perlindungan privasi saat menjelajah secara anonim. Fitur pemblokiran iklan bawaan meningkatkan kecepatan browser dan melindungi privasi pengguna dengan memblokir iklan dan pelacak.

Mode penyamaran membuat sesi penjelajahan menjadi pribadi dengan tidak menyimpan cookie. Selain fungsi utamanya sebagai layanan VPN dan browser web, Aloha juga menawarkan pemutar media, pengelola profil, serta dompet mata uang kripto Web3.

Dengan meningkatkan ke versi Aloha Premium, pengguna dapat mengubah pilihan negara VPN dan mengonfigurasi VPN untuk dimulai secara otomatis bersamaan dengan browser. Paket premium juga memperluas perlindungan VPN ke semua perangkat dan menyertakan fitur premium tambahan, serta menghapus iklan sesekali yang muncul dalam versi gratis.

Namun, versi desktop Aloha belum tersedia, sehingga pengguna tidak dapat menyinkronkan kata sandi atau riwayat penelusuran di semua perangkat.

3. Brave
Teknologi kecerdasan buatan telah diintegrasikan ke dalam browser Brave, menjadikannya salah satu alternatif terbaik untuk Safari. Selain tersedia untuk desktop, Brave menawarkan fitur yang mirip dengan browser lain dalam daftar ini, seperti Adblock, sistem hadiah, dan dompet kripto.

Brave juga menyediakan layanan VPN bawaan, dengan pengguna baru berhak atas uji coba VPN gratis selama seminggu. Pengguna Brave akan terkesan dengan antarmuka pengguna yang kreatif. Fitur berita bawaan juga meningkatkan pengalaman penjelajahan web seluler secara keseluruhan.

4. DuckDuckGo
DuckDuckGo merupakan browser web yang sangat diakui karena memprioritaskan privasi pengguna. Dengan kemampuan canggihnya, DuckDuckGo dirancang untuk menjaga identitas online pengguna tetap tersembunyi dan melindungi dari pengintaian pengiklan pihak ketiga dan pengumpul data.

Antarmuka pengguna DuckDuckGo ramah pengguna dan memungkinkan personalisasi pengaturan sesuai preferensi. Salah satu fitur unggulannya adalah mesin pencari yang tidak melacak riwayat pencarian pengguna, sehingga memberikan kebebasan dalam melakukan pencarian tanpa khawatir data disimpan atau digunakan untuk iklan bertarget. Jika privasi menjadi perhatian utama Anda, DuckDuckGo adalah pilihan yang tepat sebagai pengganti Safari.

5. Firefox Focus
Firefox Focus adalah browser lain yang menekankan privasi dengan memblokir pelacak dan iklan secara default. Peramban ini mempercepat waktu pemuatan halaman dengan menonaktifkan pelacak dan pengumpulan data, yang menghasilkan pengalaman penjelajahan yang lebih baik. Firefox Focus juga dapat mengurangi konsumsi data seluler, bermanfaat bagi pengguna yang menghemat paket data.