Terputar

Title

Artist


Sebuah kedai minuman dingin di Kota Probolinggo, Jawa Timur, menjadi tempat untuk berbuka puasa bersama keluarga, pasangan, maupun rekan kerja

Ditulis oleh pada Maret 20, 2024

Sebuah kedai minuman dingin di Kota Probolinggo, Jawa Timur, menjadi tempat untuk berbuka puasa bersama keluarga, pasangan, maupun rekan kerja.  Beragam jenis olahan es dengan aneka isi buah dan rasanya yang manis disajikan di kedai Sop Duren Bromo yang berlokasi di Jalan Supriadi, Kota Probolinggo ini.

Sesuai namanya, minuman es yang menjadi daya tarik pengunjung untuk datang, yakni es sop duren bromo atau es sop durian bromo.

Es sop durian bromo merupakan sajian es berbahan buah durian yang didatangkan langsung dari perkebunan durian yang ada di lereng Gunung Bromo.

Selain daging buah durian, es satu ini dicampur pula dengan sirup, susu, dan cokelat. Rasanya bakal menggoyang lidah pelanggannya, serta menjadi pelepas dahaga berbuka puasa Ramadan.

Pemilik kedai, Lutviana (33 tahun), mengungkapkan awalnya ia memulai usaha jualan es sop duren Bromo di rumahnya. Karena semakin banyaknya pesanan, ia kemudian memberanikan diri untuk sewa tempat.

“Kalau usaha di rumah sekitar dua tahunan, yang di tempat sekarang sekitar empat tahunan,” terangnya, Selasa (19/3/2024).

Berkah bulan Ramadan, Lutviana mengatakan, penjualan es sop duren bromo buatannya meningkat dua kali lipat dibanding hari biasanya.

“Kalau harganya, mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 35.000 per porsi. Itu sesuai jenis es dan isi yang dipesan,” jelasnya.

Selain es sop duren dromo, di kedai milik Lutviana juga disediakan beragam jenis es lainnya, seperti es krim durian, pancake durian, es teler durian, dan lainnya.

Salah seorang pengunjung kedai, Tri Amelia mengaku sering berkunjung ke kedai sop duren bromo. Itu karena rasanya yang enak dan harganya yang ramah di kantong.

Es teler durian, menjadi menu favoritnya saat berkunjung ke kedai setempat. “Harganya murah untuk es telernya, cukup Rp 10.000 per cup,” ungkapnya