Terputar

Title

Artist


Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden (81) menyampaikan candaan mengenai mantan Presiden Donald Trump

Ditulis oleh pada Maret 18, 2024

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden (81) menyampaikan candaan mengenai mantan Presiden Donald Trump (77) tentang kondisi kesehatan mental lawan politiknya itu saat berpidato di acara tahunan Gridiron Club di Washington. Keduanya akan bertarung dalam Pilpres Amerika Serikat pada November 2024.

Dalam pidatonya, Biden pada awalnya menyebut Pilpres AS bakal diikuti dua kandidat, satu dirinya dan satu lagi orang yang terlalu tua dan tak sehat mental. Dalam kesempatan tersebut, dia juga berusaha meyakinkan para pemilih dan menghilangkan kekhawatiran akan usia dan kesehatannya yang telah menuai kontroversi.

“Salah satu kandidat terlalu tua dan tidak sehat secara mental untuk menjadi presiden. Orang satunya lagi adalah saya,” ujar Biden di hadapan lebih dari 650 tamu, termasuk tokoh-tokoh ternama seperti Taoiseach dari Irlandia Leo Varadkar, pendiri Amazon Jeff Bezos, dan CEO TikTok Shou Zi Chew.

Biden dalam acara tersebut juga menyoroti pentingnya kebebasan pers, menegaskan bahwa pers bukanlah “musuh rakyat”. Pernyataannyasangat berbeda dengan sikap Trump terhadap media.

Selain itu, Biden juga membahas konflik di Ukraina dengan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas yang hadir dalam acara tersebut. “Kami tidak akan menyerah, mereka (rakyat Ukraina) tidak akan menyerah, dan saya tidak akan menyerah,” tegas Biden.

Setelah pidatonya, Biden turun dan berfoto selfie dengan wartawan serta menelepon ibu salah satu tamu. Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Michigan Gretchen Whitmer dan Gubernur Utah Spencer Cox.