Terputar

Title

Artist


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi adanya lonjakan antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024

Ditulis oleh pada Maret 17, 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi adanya lonjakan antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024.

Dari hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), memprediksi sebanyak 193 juta orang diperkirakan akan melakukan mudik tahun ini.

“Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT), terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024 yaitu sebesar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang,” kata Budi Karya dalam jumpa pers secara daring soal persiapan mudik 2024, Minggu (17/3/2024).

Dari persentase sebesar 71,7 persen, Budi menjelaskan sebesar 14,6 persen atau sekitar 28,4 juta pemudik di antaranya berasal dari Jabodetabek. Ia menambahkan bahwa dari hasil survei BKT, terjadi kenaikan minat masyarakat untuk mudik dibanding tahun 2023.

“Dari angka tersebut sebesar 14,6% atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024,” ungkapnya.

“Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dibandingkan pada 2023 sebesar 45,8% atau 123 juta orang,” sambungnya.

Mengantisipasi prediksi lonjakan jumlah pemudik 2024, Budi menyebut bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dengan bekerja sama dengan lintas sektor hingga pihak swasta.

“Bagaimana langkah antisipasi terjadi lonjakan perjalanan pada masa angkutan Lebaran 2024, Kemenhub melakukan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian pengaturan transportasi dan penanganan secara komprehensif bersama instansi, kementerian, dan pemerintah pusat, Polri, pemerintah daerah, BUMN dan swasta,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kemenhub bersama Korlantas Polri dan Kementerian PUPR telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri yang mengatur tentang lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Dalam SKB itu juga diatur soal pembatasan operasional angkutan barang selama musim Lebaran.

“Langkah nyata yang telah diambil adalah Kemenhub, Korlantas, Kementerian PUPR dengan menerbitkan SKB tentang pengaturan lalu lintas dan penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik pada 5 Maret 2024. SKB tersebut memuat pengaturan pembatasan operasional angkutan barang pada liburan Lebaran 2024,” jelasnya.

Untuk memastikan keselamatan pemudik, Budi juga menyebut bahwa Kemenhub telah melakukan serangkaian inspeksi kondisi kendaraan bermotor (ramp check) untuk memastikan kendaraan sesuai standar keselamatan dan laik jalan baik untuk moda transportasi darat, laut, udara hingga kereta api.

“Kemenhub juga telah melaksanakan inspeksi keselamatan, ramp check pada sarana transportasi, darat, laut, udara, kereta api, kami juga terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan pengaturan transportasi pada masa angkutan lebaran 2024 dan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas,” pungkasnya.