Terputar

Title

Artist


 Sebagai perusahaan teknologi berkelanjutan melalui elektrifikasi, Build Your Dreams atau BYD asal Tiongkok membangun ekosistem energi tanpa emisi. Salah satu inovasi terkini BYD adalah e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain,

Ditulis oleh pada Februari 25, 2024

Sebagai perusahaan teknologi berkelanjutan melalui elektrifikasi, Build Your Dreams atau BYD asal Tiongkok membangun ekosistem energi tanpa emisi. Salah satu inovasi terkini BYD adalah e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain, yang sudah ditanam pada ketiga kendaraan listriknya (electrical vehicle/EV)  yang diluncurkan di Indonesia, yaitu EV BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

“Teknologi revolusioner BYD yang meliputi teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform, mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif,” kata Chief Advisor BYD Japan Tatsuya Mikami, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/2/2024).

Dia mengatakan dengan mengintegrasikan delapan fitur kunci secara sinergis dalam satu kesatuan, BYD membuka babak baru dalam transformasi industri, menuju mobilitas lebih efisien, inovatif, dan berkelanjutan.  “Inovasi ini mencerminkan komitmen BYD membentuk masa depan transportasi lebih cerdas, ramah lingkungan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat global,” kata dia.

Kelebihan e-platform 3.0 
BYD memiliki platform canggih dan berteknologi tinggi. Dengan keterangan Huruf “E” di depan kata platform menunjukkan koneksi elektrik pada platform tersebut. Adapun 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery.

E-platform 3.0 memiliki sejumlah keunggulan. Rancangan eksklusif pada bodi e-platform 3.0 menjamin keamanan kendaraan listrik karena blade battery dipasang menempel dengan bodinya, sehingga bisa memantau suhu dan menjaga kekuatan bodi.  Keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dengan estetika bodi mobil yang lebih rendah dan basis roda lebih panjang.

“Dari segi efisiensi, e-platform 3.0 memiliki sistem tenaga listrik efisiensi tinggi 8-in-1 pertama di dunia yang mencapai 89% sehingga berat kendaraan lebih ringan,” jelas Tatsuya Mikami.

Selama bertahun-tahun BYD telah menguasai teknologi dalam penelitian, pengembangan, dan manufaktur kendaraan listrik dalam ranah kendaraan energi baru. Melalui struktur desain yang tepat dan modularitas, BYD memungkinkan fleksibilitas untuk berbagai tata letak baik penggerak roda depan, penggerak roda belakang, atau penggerak empat roda.

Sementara teknologi 8-in-1 powertrain BYD mencakup BMS, vehicle control unit (VCU), inverter, power distribution unit (PDU), on board charger (OBC) yang digabung menjadi satu unit, dan gearbox/e-motor dalam unit lain. Pemisahan komponen dilakukan pada semua perangkat kecuali gearbox dan e-motor.

Terdapat dua keuntungan 8-in-1 powertrain, mulai ukuran yang efisien dengan ruang lega sebagai rumah dari komponen-komponen, dan dari segi biaya.