Terputar

Title

Artist


Salah satu platform populer untuk bertransaksi jual-beli secara online adalah Facebook Marketplace

Ditulis oleh pada Februari 12, 2024

Salah satu platform populer untuk bertransaksi jual-beli secara online adalah Facebook Marketplace. Platform ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pembeli atau penjual dan mengirim pesan langsung kepada mereka.

Namun, Keeper Security telah mengungkapkan bahwa di balik kesuksesan aplikasi ini terdapat risiko penipuan yang signifikan.

“Meskipun Facebook Marketplace menawarkan kemudahan dalam mencari barang dengan harga diskon, kita harus sangat berhati-hati sebagai pembeli maupun penjual,” kata ahli dari Keeper Security dilansir dari The Sun, Minggu (11/2/2024).

Terdapat tiga jenis penipuan yang sering ditemukan di Faceboook Marketlace. Pertama, pembeli akan menemukan produk populer dengan harga murah, padahal produk tersebut sebenarnya tidak dijual.

Setelah penjual berhasil memikat korban agar membeli produk tersebut dan melakukan pembayaran, mereka akan mengatakan produk tersebut tidak tersedia lagi, lalu menawarkan produk serupa sebagai pengganti dengan harga lebih tinggi atau kualitas lebih rendah.

Penipuan umum kedua melibatkan deposito. Skema ini biasanya diterapkan ketika penjual mencantumkan produk yang sangat mahal. Penipu biasanya akan meminta Anda memberikan deposit untuk menjamin bahwa Anda benar-benar akan membeli barang tersebut. Namun, jangan pernah melakukan hal ini sebelum Anda bertemu dengan penjual.

Jenis penipuan ketiga yang harus diwaspadai adalah penggunaan kartu hadiah. Untuk modus penipuan ini, Anda akan diminta membayar menggunakan kartu hadiah, bukan metode pembayaran tepercaya.

Anda akan diminta untuk mengisi kartu hadiah dengan uang tunai yang setara dengan harga jual barang tersebut. Kemudian Anda akan diminta untuk mengirimkan nomor kartu hadiah sebelum barang dapat dikirim. Ini sangat berbahaya dan membuat Anda sangat rentan. Kasus ini banyak terjadi di Inggris.

Karenanya, saat berbelanja di Facebook Marketplace, pastikan untuk tetap menggunakan metode pembayaran yang aman, memeriksa ulasan, dan mengatur pertemuan di tempat umum untuk memeriksa barang secara langsung. Selain itu, disarankan juga untuk tetap menggunakan fitur Facebook Messenger untuk berkomunikasi dengan penjual.