Terputar

Title

Artist


Arsenal meraih kemenangan telak 6-0 dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris di kandang West Ham United

Ditulis oleh pada Februari 12, 2024

Arsenal meraih kemenangan telak 6-0 dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris di kandang West Ham United, Minggu (11/2/2024).

Bermain di Stadion London, gol-gol kemenangan tim asuhan Mikel Arteta dilesakkan William Saliba, penalti Bukayo Saka, Gabriel Magalhaes, dan Leandro Trossard. Arsenal sudah memimpin 4-0 pada babak pertama. Sementara gol-gol pada babak kedua dicetak Saka dan Declan Rice.

Kemenangan ini membawa mereka mengantungi poin yang sama dengan penghuni posisi kedua Manchester City, yakni 52. Kedua tim juga memiliki selisih gol sama yakni dua. Namun. Arsenal sudah memainkan satu pertandingan lebih banyak. Sementara West Ham masih terpaku di posisi kedelapan dengan 36 poin.

Dalam pertandingan pekan ke-24 ini, Arsenal mengandalkan lini depannya kepada trio Bukayo Saka, Lendro Trossard, dan Gabriel Martinelli.

Pelatih Mikel Arteta menugaskan trio Martin Odegaard, Declan Rice, dan Kai Havertz untuk menopang barisan depan tersebut. Sementara lini belakang  dipercayakan kepada Ben White, William Saliba. Gabriel Magelhaes, dan Jakub Kiwior. Sementara posisi kiper dipercayakan kepada David Raya.

Di kubu tuan rumah, pelatih David Moyes mengusung formasi 4-2-3-1. Dia menurunkan Jarrod Bowen sebagai penyerang tunggal. Pemain bernomor punggung 20 itu disokong trio Benjamin Johnson, James Ward-Prowse, serta Mohammed Kudus. 

Edson Alvarez dan Tomas Soucek berduet di depan barisan belakang yang diisi  Vladimir Coufal, Kurt Zouma. Nayef Aguerd, dan Emerson. Mereka mengawal kiper Alphonse Areola.

West Ham sudah membahayakan gawang Arsenal saat pertandingan baru berjalan dua menit. Mendapat umpan terobosan, Jarrod Bowen berlari meninggalkan pemain Arsenal dan langsung berhadapan dengan kiper. Namun, tendangan keras pemain Hull City ini bisa ditepis kiper David Raya.

Arsenal terus menggempur pertahanan West Ham sejak babak pertama dimulai, tetapi upaya pasukan Mikel Arteta gagal membuahkan gol.

Menit ke-16, West Ham membuat serangan balik yang menghasilkan peluang. Emerson mengirim umpan dari sisi kiri, tetapi bola gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Kudus yang dikawal ketat bek Arsenal.

Menit ke-23, giliran Arsenal yang mendapat peluang. Saka mengirim umpan dari sisi kanan. Bola kemudian disambut Lendro Trossard dengan tendangan kaki kanan. Namun, bola hasil tendangannya melintas di atas gawang.

Pada menit ke-27, Arsenal kembali membuat peluang. Odegaard melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi hanya menghasilkan tendangan pojok karena keluar setelah mengenai pemain West Ham.

Arsenal akhirnya mampu menjebol gawang West Ham pada menit ke-32. Gol dilesakkan bek William Saliba. Memanfaatkan sepak pojok yang dikirim Declan Rice, Saliba menyundul bola yang mengoyak gawang tuan rumah.

Empat menit kemudian, tim tamu nyaris menambah keunggulan. Sebuah kerja sama yang apik d kotak penalti membuat Saka berhasil melepaskan tendagan. Namun, bola keluar ke sisi kiri gawang,

Hanya beberapa saat kemudian, Arsenal mendapat hasiah penalti menyusul pelanggaran kiper Areola kepada Saka. Wasit sempat melihat VAR untuk memastikan tendangan penalti ini. Saka yang maju sebagai algojo berhasil memperdaya Areola dengan tendangan kaki kirinya. Arsenal pun unggul 2-0 pada menit ke-41.

Arsenal menambah keunggulan pada menit ke-44. Menyusul pelanggaran, tim asuhan Arteta mendapat tendangan bebas yang dieksekusi Declan Rice. Dia kemudian melepaskan tendangan yang disambut sundulan bek Gabriel Magalhaes yang merobek gawang West Ham.

Beberapa saat sebelum wasit meniup peluit tanda babak pertama usai, Arsenal mencetak gol keempatnya berkat aksi Leandro Trossard. Pemain asal Belgia ini mendapat sodoran dari Odegaard di kotak penalti lalu melepaskan tendangan dan bersarang di gawang tuan rumah. Skor 4-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, West Ham langsung membuat dua pergantian pemain. Bek Kurt Zouma dan gelandang Edson Alvarez ditarik keluar dan masing-masing digantikan Konstantinos Mavrapanos dan Kalvin Phillips.

Arsenal tampil menggebrak sejak awal babak kedua meski telah unggul telak. Memanfaatkan umpan Martinelli dari sisi kiri, Trosaard kemudian melepaskan tendangan kaki kanan. Namun, eksekusinya hanya membuat bola melambung dari gawang.

Menit ke-57, Arsenal kembali mengancam. Hasil kerja sama pemain The Gunners membuat Saka mendapat bola di kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri dan mengarah ke gawang. Namun, bola tendangannya berhasil ditepis Areola.

Dominasi Arsenal berlanjut pada menit ke-63 berkat gol kelima yang kembali dilesakkan Saka. Pemain timnas Inggris mendapat umpan dari Odegaard lalu membawanya ke kotak penalti. Dia lalu melepaskan tendangan kaki kiri yang tak bisa diantisipasi Areola.

Arsenal mencetak gol keenam mereka pada menit ke-65 berkat aksi Declan Rice. Berawal dari kerja sama beberapa pemain bola kemudian diumpankan kebelakang oleh Ben White. Rice kemudian melepaskan tendangan yang membobol gawang lawan dari luar kotak penalti.

Rice tak mau merayakan keberhasilannya mencetak gol untuk menghormati tuan rumah yang memang pernah diperkuatnya antara 2015-2023 lalu.

Menit ke-67, Arsenal membuat tiga pergantian pemain sekaligus. Leadnro Trossard, Declan Rice, dan Bukayo Saka masing-masing digantikan Eddie Nketiah, Mohamed Elneny, dan Reiss Nelson.

Pada menit ke-76, West Ham juga mengganti Emerson dengan Aaron Cresswell. Satu menit kemudian Arsenal juga memasukkan Ethan Nwanesi serta Cedric Soares untuk menggantikan Gabriel Martinelli dan Ben White.

Skor 6-0 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga pertandingan usai. Pasukan Mikel Arteta pun sukses memetik kemenangan ke-16 mereka di Liga Inggris musim ini.