Terputar

Title

Artist


Di Hari Kedua Penyegaran KSSP UAV, Peserta Terima Tiga Materi Penting

Ditulis oleh pada Februari 6, 2024

TNl AL- Dispen Puspenerbal (6/2/2024).
Di hari kedua pelaksanaan Penyegaran Kemampuan Surveillance and Safety Procedure (KSSP) UAV Penerbangan TNl AL 2024 yang digelar Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) ini, para peserta mendapatkan tiga materi penting dari tiga narasumber kompeten.

Penyegaran yang dihelat di Wisma Perwira Brahmastra Lanudal Juanda ini, diikuti oleh 120 peserta off line dan 170 peserta online dari Wing Udara 1 Tanjungpinang, Wing Udara 3 Biak dan insan penerbangan wilayah Surabaya, Selasa (6/2/2024).

Tampil sebagai narasumber pertama dihari kedua ini, Kapten Laut (P) Herdian Arviananda dari Skuadron Udara 700 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda dengan membawa materi berjudul “Fixed-Wing Aerodynamic”.

Kemudian disesi kedua yang digelar usai Coffee Break menampilkan materi tentang “Radio Komunikasi” yang disampaikan Paur Opslat Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, Letda Laut (P) Rudianto.

Sedangkan materi ketiga yang disampaikan selesai Isoma, menampilkan pemateri Letda Laut (P) Oscar Panji Sapta Nugraha dari Skuadron Udara 700 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda dengan judul materi “Rancang bangun Drone FPV OWL-01 guna mendukung tugas dan misi Puspenerbal guna mendukung latihan TNL AL target sasaran udara”.

Komandan Puspenerbal Laksda TNl Sisyani Jaffar dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Puspenerbal saat pembukaan kemaren menegaskan bahwa UAV merupakan teknologi multivariat dan mutakhir yang digunakan oleh militer hampir di seluruh dunia untuk fungsi pengamatan dan penyerangan.

Dijajaran Puspenerbal, Skuadron Udara 700 Wing Udara Puspenerbal sebagai pengawak unsur-unsur UAV dan drone sebagai unsur intai udara maritim serta pengamatan laut.

Sehingga penyegaran ini ditujukan untuk memberikan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan meningkatkan kemampuan serta sosialisasi aeromodeling kepada seluruh pengawak UAV khususnya dan seluruh prajurit Wing Udara Puspenerbal pada umumnya agar dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik, efisien dan aman.