Terputar

Title

Artist


polisi menurunkan pasukan berkuda untuk mengamankan debat capres tersebut.

Ditulis oleh pada Februari 5, 2024

 Polisi melakukan pengamanan secara ketat di lokasi debat terakhir Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (4/2/2024). Bahkan, polisi menurunkan pasukan berkuda untuk mengamankan debat capres tersebut.

“Ada empat pasukan berkuda, termasuk pasukan patroli bermotor, berkuda, (pasukan) jalan kaki, anjing (pelacak), saat ini patroli sampai acara debat selesai,” ujar Kapolres Metro

Pasukan berkuda bertugas menyisir dan mengamankan lokasi debat capres yang tidak bisa dijangkau oleh pasukan bermotor. Sebanyak empat pasukan berkuda dinilai sudah cukup karena tugasnya dibantu oleh personel polisi lainnya.

Selain pasukan berkuda, polisi juga mengerahkan 8 K-9 atau anjing pelacak dan unit penjinak bom (jibom) Brimob Polri untuk mengamankan dan melakukan sterilisasi kawasan debat capres di JCC. Selain itu, terpantau juga personel datasemen KBR (kimia, biologi, dan radioaktif) yang memiliki kemampuan menangani bahan berbahaya yang mengandung bahan kimia, biologi dan radioaktif.

Sebelumnya, Susatyo mengatakan, pengamanan debat terakhir capres di Jakara Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat dilakukan berlapis dan dibagi menjadi tiga ring. Dia menuturkan bahwa pengamanan acara debat terakhir akan berbeda dengan debat sebelumnya, yakni massa pendukung paslon nonundangan tidak diperkenankan mendekati area lobi JCC.

Pengamanan kali ini juga berkaca dari debat-debat sebelumnya yang digelar di tempat yang sama.

“Pola pengamanan yang sudah pernah dilaksanakan sebanyak dua kali di JCC ini, tentunya menjadi bahan evaluasi kami. Khususnya pada saat debat yang keempat kemarin. Ada massa yang non-undangan itu datang cukup banyak, dengan membawa bunyi-bunyian, sehingga untuk pola pengamanan pada hari ini akan kami sesuaikan untuk tidak mendekat ke lobi JCC,” jelas Susatyo, Minggu (4/2/2024).

Massa pendukung non-undangan nantinya tetap bisa hadir di sekitar JCC, tetapi tidak memasuki area JCC. “Kita siapkan di depan JCC, tetapi tidak di area lobi. Kami khawatir massanya banyak, sementara tempat yang tersedia sedikit. Namun, kita juga situasional, kita akan menyampaikan ke masing-masing korlap pendukung paslon untuk koordinasi berapa yang bisa ditempatkan di dalam agar tetap berimbang dan adil,” ujar Susatyo.

Jajaran Polri menyiagakan 2.992 personel untuk mengamankan debat capres. “Ditambah lagi dari teman-teman pamdal itu sebanyak 200 personel untuk mengatur pada ring 2 dan ring 1,” kata Susatyo.

Sementara itu, untuk pengamanan rombongan yang datang bersama pasangan calon (paslon) telah dilaksanakan oleh personel dari Mabes Polri.

“Tentunya kami khusus area ring 1 dan 2 acara ini, juga terus berkoordinasi dengan pengamanan internal dari masing masing paslon. Termasuk pada saat nanti doorstop kepulangan kendaraan dan sebagainya. Tentu kami akan mengatur secara detail dan terperinci dengan para pengamanan pengamanan yang melekat di paslon tersebut,” jelas dia.

Debat terakhir Pilpres 2024 akan digelar hari ini, Minggu (4/2/2024) pada pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Debat pamungkas ini akan mempertemukan capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Tema debat capres terakhir adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan inklusi.

Format debat pilpres pamungkas ini masih tetap sama dengan debat-debat sebelumnya, yakni terdiri dari 6 segmen, mulai dari pemaparan visi, misi dan program masing-masing pasangan capres-cawapres, pendalaman visi, misi dan program melalui pertanyaan panelis, tanya jawab antara cawapres serta pernyataan penutup. Durasi debat juga akan berlangsung selama 150 menit dengan perincian 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk jeda iklan.