Terputar

Title

Artist


Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini delapan cucu Soekarno yang terkenal sesuai dengan bidangnya masing-masing. Salah satunya, Muhammad Mahadrhika Putra jadi pusat pemberitaan karena mengkritik Guntur Soekarnoputra terkait penyelenggaraan Pilpres 2024

Ditulis oleh pada Februari 4, 2024

Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno memiliki beberapa anak dan cucu yang dikenal oleh publik. Namun, di antara anak-anak Soekarno yang cukup dikenal adalah Megawati Soekarnoputri, yang kemudian menjadi Presiden Indonesia ke-5.

Selain Megawati, ada beberapa anak Soekarno yang juga terkenal, seperti Guntur Soekarnoputra dan Rachmawati Soekarnoputri. Guntur Soekarnoputra terlibat dalam bidang seni dan musik, sementara Rachmawati Soekarnoputri aktif dalam kegiatan sosial dan politik.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini delapan cucu Soekarno yang terkenal sesuai dengan bidangnya masing-masing. Salah satunya, Muhammad Mahadrhika Putra jadi pusat pemberitaan karena mengkritik Guntur Soekarnoputra terkait penyelenggaraan Pilpres 2024.

1. Muhammad Prananda Prabowo Sura Megendra Karna Djaja

Muhammad Prananda Prabowo. - (Instagram/Istimewa)
Muhammad Prananda Prabowo. – (Instagram/Istimewa)

Muhammad Prananda Prabowo Sura Megendra Karna Djaja adalah cucu dari Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, dan merupakan putra kedua Megawati Soekarnoputri dari suami pertamanya, Lettu Pnb Surindro Supjarso.

Ia lahir pada 23 April 1970 dan kini telah dikaruniai dua orang anak. Sebagai cucu pertama presiden Indonesia, peran Prananda Prabowo di dunia politik juga cukup berpengaruh.

2. Puan Maharani

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani saat mengunjungi Klaten, Jawa Tengah, Minggu, 3 September 2023. - (Beritasatu.com/Dyah Shinta)
Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani saat mengunjungi Klaten, Jawa Tengah, Minggu, 3 September 2023. – (Beritasatu.com/Dyah Shinta)

Puan Maharani merupakan salah satu cucu Ir Soekarno, ia adalah putri sulung dari Megawati Soekarnoputri dan Taufik Kiemas lahir pada 6 September 1973.

Puan Maharani sendiri terlibat dalam dunia politik dan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

3. Hendra Rahtomo

Hendra Rahtomo atau akrab disapa Romy Soekarno - (Instagram/Istimewa)
Hendra Rahtomo atau akrab disapa Romy Soekarno – (Instagram/Istimewa)

Selanjutnya adalah Hendra Rahtomo atau akrab disapa Romy Soekarno. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Rachmawati Soekarnoputri dan Martomo Pariatman Marzuki, lahir pada 1972.

Berbeda dengan dua sepupu lainnya, Hendra Rahtomo tidak terjun ke dunia politik. Dahulu ia pernah berkecimpung di dunia hiburan, yaitu berkarier sebagai disc jockey (DJ).

4. Muhammad Mahardhika Putra

Muhammad Mahardhika Putra atau akrab disapa Didi Mahardhika. - (Instagram/Istimewa)
Muhammad Mahardhika Putra atau akrab disapa Didi Mahardhika. – (Instagram/Istimewa)

Muhammad Mahardhika Putra atau yang akrab disapa Didi Mahardhika merupakan salah satu cucu Soekarno, ia juga terjun ke dunia politik dan sempat maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Nasdem (Nasional Demokrat) pada Dapil Jawa Timur.

Sebelum terjun ke politik, Didi juga sempat berkarier di industri hiburan sebagai DJ dan penggiat musik.

5. Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara

Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara - (Instagram/Istimewa)
Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara – (Instagram/Istimewa)

Cucu Soekarno yang satu ini juga berkarier di dunia hiburan. Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara yang lebih dikenal dengan Paundrakarna atau Paundra lahir pada 19 April 1975.

Ia menjadi pemain sinetron, pekerja seni, bintang iklan, penyanyi, dan bahkan pernah duduk sebagai nggota DPRD Surakarta dari fraksi PDI-P.

6. Puti Guntur Soekarno

Puti Guntur Soekarno - (Instagram/Istimewa)
Puti Guntur Soekarno – (Instagram/Istimewa)

Selain Puan Maharani, cucu perempuan Soekarno lainnya adalah Puti Guntur Soekarno. Ia adalah politikus yang juga memiliki pengaruh cukup besar di dunia politik.

Puti merupakan cucu Soekarno, buah hati dari anak pertama dari Guntur Soekarnoputra yang menikah dengan Henny Emilia Hendayani.

7. Frederik Kiran Soekarno Seegers

Frederik Kiran Soekarno Seegers adalah anak dari Kartika Sari Dewi Soekarno, anak Soekarno dari istrinya, Ratna Sari Dewi Soekarno. - (Beritasatu.com/Istimewa)
Frederik Kiran Soekarno Seegers adalah anak dari Kartika Sari Dewi Soekarno, anak Soekarno dari istrinya, Ratna Sari Dewi Soekarno. – (Beritasatu.com/Istimewa)

Frederik Kiran Soekarno Seegers adalah anak dari Kartika Sari Dewi Soekarno, anak Soekarno dari istrinya, Ratna Sari Dewi Soekarno.

Laki-laki tampan ini lahir di Belanda pada 2006, kini usianya 17 tahun. Namanya memang hampir tak terdengar, bahwasannya Soekarno juga memiliki keturunan yang kini tinggal di Belanda. Kiran pun kerap membagikan kegiatan hariannya di media sosial.

8. Muhammad Marhaendra Putra
Terakhir adalah Muhammad Marhaendra Putra, ia lahir pada 1978 buah hati dari pasangan Rachmawati Soekarnoputri dan Dicky Suprapto.

Tak seperti ketujuh sepupunya yang lain, informasi seputar Muhammad Marhaendra Putra tak diketahui banyak.