Terputar

Title

Artist


Artis Ruben Onsu kini mulai merambah ke bisnis kecantikan setelah usaha kuliner dan medianya berkembang di luar aktivitasnya sebagai seorang pekerja hiburan

Ditulis oleh pada Januari 26, 2024

Artis Ruben Onsu kini mulai merambah ke bisnis kecantikan setelah usaha kuliner dan medianya berkembang di luar aktivitasnya sebagai seorang pekerja hiburan.

Lewat perusahaan bernama Bens Inovasi Indonesia, suami Sarwendah itu memulai bisnis kecantikannya dengan memproduksi skincarebody care, dan kosmetik dengan kualitas tinggi yang diproduksinya di sebuah pabrik yang dibangunnya di Solo, Jawa Tengah.

“Jadi bisnis ini aku bangun bersama para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa punya brand sendiri dan gampang pemasarannya. Aku lihat banyak orang yang punya ide kreatif, tetapi karena modal enggak ada makanya kalah bersaing sama yang punya modal besar. Kalau begitu, bagaimana yang pengusaha UMKM ini bisa sukses kalau dimonopoli sama yang punya modal gede,” ungkap Ruben.

“Makanya pas aku lihat peluang yang ada, ya saya buka peluang itu dengan menggandeng teman-teman UMKM karena mereka punya keinginan yang besar mencoba sesuatu yang baru dengan punya brand sendiri. Itu membuat mereka bangga,” lanjutnya.

Diakui Ruben, tak hanya mengajak serta para pengusaha UMKM, dirinya juga mengundang beberapa rekan bisnisnya yang mau berinovasi untuk membesarkan produk kecantikan yang disesuaikan dengan visi dan misi para konsumennya.

“Jadi bisnis ini lebih ke bisnis yang mengajak mereka untuk membuat brand sendiri di pabrik yang kita buat namanya Bens Inovasi Indonesia dengan pabriknya di Solo. Kita merancang produknya dengan baik dan harus melewati uji coba demi menjaga kualitas produknya. Apalagi pabriknya dibangun dengan standar yang modern sehingga formula dan pengemasan produknya benar-benar diperhatikan,” tegasnya.

Ruben sendiri mengakui banyak tantangan dan hambatan saat dirinya memulai bisnis ini apalagi dengan menggandeng para pelaku UMKM.

“Yang paling susah itu mengenalkan dan membangun kepercayaan masyarakat bahwa produk yang dijual punya standar yang modern. Namun, sejauh ini kita bekerja dengan memberikan kepercayaan dan keyakinan bahwa produk dari brand kami bagus dan punya kualitas. Salah satunya dengan menggunakan sendiri produknya baru mengenalkan pada orang lain. Ini untuk menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat,” tandas Ruben.