Terputar

Title

Artist


Kota Lodz, Polandia, kembali menjadi tuan rumah babak final turnamen Mens Volleyball Nations League (VNL) FIVB untuk musim 2024

Ditulis oleh pada Januari 21, 2024

Kota Lodz, Polandia, kembali menjadi tuan rumah babak final turnamen Mens Volleyball Nations League (VNL) FIVB untuk musim 2024.

Stadion Atlas Arena di Lodz, Polandia, akan menjadi saksi sejarah perebutan gelar juara dunia pada pertandingan final yang dijadwalkan berlangsung pada 27-30 Juni mendatang.

“Final Volleyball Nations League (VNL) kembali diselenggarakan di Polandia pada 2024 karena kota Łódź dipilih sebagai tuan rumah fase penentu dari edisi keenam turnamen ini, yang akan berlangsung dari 27-30 Juni,” tulis laman resmi VNL, Sabtu (20/1/2024).

Pada musim 2023, kota Gdansk, Polandia, menjadi tuan rumah penyelenggaraan final VNL. Di pertandingan final tersebut, Polandia, sebagai tuan rumah, berhasil meraih gelar juara dunia perdana mereka sepanjang keikutsertaan dalam VNL.

Penunjukan kembali Polandia sebagai tuan rumah final memberikan peluang bagi tuan rumah untuk mempertahankan gelar juara di hadapan pendukung mereka.

Terlebih lagi, Stadion Atlas Arena memiliki catatan sejarah panjang sebagai tempat penyelenggaraan turnamen voli internasional, termasuk FIVB Volleyball Men’s World Championship (2014), FIVB Volleyball Women’s World Championship (2022), dan babak kualifikasi bola voli putri untuk Olimpiade Paris 2024.

“Enam belas tim nasional putra yang akan bersaing di VNL 2024 termasuk Argentina, Brasil, Bulgaria, Kanada, Kuba, Prancis, Jerman, Iran, Italia, Jepang, Belanda, Polandia, Serbia, Slovenia, Turki, dan Amerika Serikat,” tulis VNL.

VNL akan tetap menggunakan format edisi musim 2022, dengan 16 tim peserta yang dibagi ke dalam dua grup, masing-masing berisi delapan tim. Empat tim teratas di masing-masing grup akan melaju ke babak final dengan format sistem gugur, terdiri dari perempat final, semifinal, dan final.

Format grup VNL akan dilangsungkan di enam negara, yaitu Brasil (Rio de Janeiro), Turki (Antalya), Kanada (Ottawa), Jepang (lokasi belum ditentukan), Filipina (Manila), dan Slovenia (Ljubljana).