Terputar

Title

Artist


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Minggu 21 Januari 2024.

Ditulis oleh pada Januari 21, 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Minggu 21 Januari 2024. Prakirawan Maria Klaudiana meminta masyarakat mewaspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah-wilayah ini.

Menurutnya, siklon tropis Anggrek saat ini masih terpantau di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, dan bakal meningkat jadi topan kategori 1 dalam 24 jam ke depan.

“Dampaknya terjadi ketinggian gelombang 1,25 hingga 2,5 meter di Samudra Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, dan Samudra Hindia selatan Banten hingga ke Jawa Tengah,” ujar Maria Klaudiana dalam siaran Info BMKG Sabtu (20/1/2024) malam.

Selain siklon tropis Anggrek, ada juga bibit siklon tropis 99s yang masih terpantau di Australia utara, yang dampaknya menimbulkan hujan sedang hingga lebat di Sulawesi tenggara dan Sulawesi Selatan. “Juga gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di perairan utara Indonesia timur, perairan Jayapura, dan Laut Arafuru bagian timur,” jelas Maria Klaudiana.

BMKG mengingatkan, waspada potensi angin kencang di atas 50 km per jam di Sulawesi Barat.

“Waspada gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Samudra Hindiaa barat Sumatera hingga selatan Nusa Tenggara Timur, Laut Arafura, Laut Banda bagian selatan, perairan utara Sulawesi Utara hingga utara Papua, dan Samudra Pasifik utara Papua,” katanya.

Suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar 19-35 derajat celsius dengan kelembapan udara 55 sampai 100 persen.