Terputar

Title

Artist


International Networking for Humanitarian (INH) berhasil mengirimkan ribuan paket bantuan kemanusiaan ke titik-titik penting, termasuk kamp pengungsi di wilayah Jalur Gaza

Ditulis oleh pada Januari 18, 2024

Di tengah ketatnya pengawasan Israel terhadap masuknya bantuan kemanusiaan,  International Networking for Humanitarian (INH) berhasil mengirimkan ribuan paket bantuan kemanusiaan ke titik-titik penting, termasuk kamp pengungsi di wilayah Jalur Gaza.

“Dengan syukur dan kegigihan tim lapangan, kami berhasil mendistribusikan program bantuan kemanusiaan hingga ke kamp pengungsian di Khan Younis, Gaza Selatan,” ujar Presiden Direktur INH, Lukmanul Hakim pada Rabu (17/1/2024).

Menurutnya, relawan INH yang berasal dari warga lokal Gaza mendistribusikan paket bantuan berupa buah-buahan dan sayuran langsung kepada korban perang yang jumlahnya mencapai ratusan ribu jiwa.

“Bantuan ini merupakan hasil penggalangan dana dan kami salurkan secara bertahap mengingat situasi yang belum kondusif di Jalur Gaza,” tambahnya.

Bantuan logistik yang disalurkan saat ini terdiri dari sayuran dan buah-buahan lokal yang dibeli langsung dari petani setempat di Jalur Gaza.

Lukman mengakui bahwa lambatnya distribusi bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza disebabkan oleh sulitnya akses pengiriman baik barang logistik maupun dana. Pihak Israel masih membatasi jumlah barang dan truk pengangkut logistik yang dapat masuk ke wilayah Gaza, terutama melalui gerbang Raffa.

“INH tetap berkomitmen untuk melaksanakan program-program kemanusiaan di Palestina, khususnya di Jalur Gaza. Semoga kondisi di Gaza membaik, dan penyaluran bantuan kemanusiaan dapat berjalan secara maksimal,” tegasnya.

Saatin ini, ratusan ribu warga sipil Gaza hidup dalam keterbatasan dan membutuhkan bantuan serta dukungan dari pihak luar. Indonesia dikenal sebagai negara yang selalu membantu rakyat Palestina, terutama Gaza yang terus dilanda konflik.

Koordinator Relawan INH Gaza, Suhaib Abu Daqqa, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang masih peduli dan membantu warga Palestina di Gaza. Lebih dari 1,2 juta warga Gaza kehilangan tempat tinggal karena agresi Israel, dan mereka membutuhkan tempat perlindungan, makanan, pakaian, serta obat-obatan.

Rencananya, INH akan terus menyasar kamp-kamp pengungsi di selatan Gaza untuk mendistribusikan bantuan logistik lainnya.

Meskipun serangan Israel ke Jalur Gaza telah berlangsung lebih dari tiga bulan, dengan lebih dari 24.000 nyawa warga sipil melayang dan 7.000 lebih dinyatakan hilang, INH tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada korban yang terdampak, terutama perempuan dan anak-anak.