Terputar

Title

Artist


Di tengah perlambatan ekonomi global, kinerja ekspor mobil dari Indonesia masih mencatat hasil yang baik

Ditulis oleh pada Januari 17, 2024

 Di tengah perlambatan ekonomi global, kinerja ekspor mobil dari Indonesia masih mencatat hasil yang baik. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor kendaraan buatan Indonesia pada 2023 mencapai  505.134 unit. Angka ini naik 6,7% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 473.602 unit.

“Kami berharap angka ekspor tahun ini dapat mencapai 500.000 unit atau bahkan mencapai 1 juta unit,” kata Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara dalam diskusi bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) di Jakarta, dilansir dari Antara, Selasa (16/1/2024).

Untuk mendukung peningkatan ekspor, Kukuh mendorong produsen otomotif untuk mulai menjelajahi negara-negara baru sebagai tujuan ekspor, seperti Australia.

Menurut Kukuh, beberapa anggota Gaikindo rencananya akan memulai ekspor ke Australia dan negara-negara baru pada tahun ini.

Ekspor baru ini tidak hanya terbatas pada kendaraan bermesin konvensional, tetapi juga mencakup berbagai kendaraan ramah lingkungan yang telah diproduksi di dalam negeri. Hal ini diharapkan akan memperkuat posisi Indonesia di pasar otomotif global, serta meningkatkan kepercayaan terhadap Indonesia.