Terputar

Title

Artist


KPU Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan akhirnya merampungkan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024.

Ditulis oleh pada Januari 10, 2024

KPU Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan akhirnya merampungkan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024. Dari data sementara surat suara yang cacat dan rusak sebanyak 238 lembar.

Setelah rampung, petugas mulai melakukan pengecekan dan pelipatan sampul surat suara pemilu 2024 yang berlokasi di gudang logistik 2, Jalan Poros Panciro, Kecamatan Bajeng.

Sebanyak 74.655 sampul surat suara untuk Pemilu 2024 dilakukan pengecekan dan pengesetan oleh sejumlah pekerja. Sampul surat suara itu nantinya akan didistribusikan di 2.133 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 18 kecamatan dengan jumlah desa dan kelurahan sebanyak 167 dan 726 dusun atau lingkungan yang ada di Kabupaten Gowa.

Terdapat dua jenis sampul surat suara, yakni surat suara sah dan surat suara tidak sah. Masing-masing diikat menggunakan tali yang berjumlah 14 sampul dalam satu kali ikatan.

KPU Gowa juga telah merampungkan surat suara untuk PPWP dan DPD yang berjumlah 1.147.691 lembar. Dari jumlah itu, data sementara yang ditemukan cacat dan rusak berjumlah 238 lembar. Jumlah itu pun diperkirakan akan bertambah setelah KPU Gowa melakukan rekapitulasi jumlah pasti kerusakan dan menggelar pleno meminta penggantian dari KPU Sulsel.

“Laporan sementara total 238 lembar dari dua jenis surat suara tersebut tetapi belum final karena masih kita rekap,” kata Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul, saat ditemui di lokasi.

Ratusan surat suara yang rusak telah diamankan di gudang logistik. Surat suara yang rusak itu terdiri dari surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 138 lembar, serta surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah sebanyak 100 lembar.

“Rata-rata robek dan ada bekas tinta di gambar, ada yang tidak kentara gambarnya. Kami juga temukan satu surat suara kosong sama sekali. Jadi kami minta diganti,” jelasnya.

Sebelumnya KPU Kabupaten Gowa telah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara PPWP dan DPD dengan melibatkan ratusan warga. Sementara surat suara DPRD Provinsi dan DPR akan dijadwalkan tiba pada pekan depan.