Terputar

Title

Artist


JAC Group telah mengubah landscape kendaraan listrik dengan memperkenalkan mobil listrik produksi massal pertama di dunia

Ditulis oleh pada Januari 9, 2024

JAC Group telah mengubah landscape kendaraan listrik dengan memperkenalkan mobil listrik produksi massal pertama di dunia yang menggunakan baterai natrium-ion. Mobil listrik bagian dari merek Yiwei ini dibekali sel silinder natrium-ion canggih yang dipasok oleh HiNa.

Teknologi baterai natrium-ion memiliki kepadatan energi yang lebih rendah dan diklaim lebih ekonomis. Ketersediaannya juga lebih melimpah serta punya kinerja yang superior dalam cuaca dingin.

Dilansir dari Arenaev, Sabtu (9/1/2024), mobil listrik versi natrium-ion dari model Huaxianzi ini sudah mulai dipasarkan dengan harga di bawah € 9.000 (US$ 9.900) atau sekitar Rp 153 jutaan. Kendaraan ini ditenagai oleh 32.140 sel silinder natrium-ion dari Baterai HiNA, dengan kapasitas 12 Ah dan kepadatan energi melebihi 140 Wh/kilogram.

Dengan total kapasitas paket baterai sebesar 23,2 kWh, kendaraan ini memiliki jangkauan CLTC sejauh 230 kilometer, dengan konsumsi energi mendekati 10 kWh per 100 km.

JAC Group juga berencana merilis mobil listrik versi natrium-ion yang memiliki jangkauan lebih besar, yakni 300 kilometer pada paruh kedua 2024. Mereka berambisi untuk mempercepat industrialisasi baterai natrium-ion dan mendorong adopsi kendaraan listrik yang lebih luas di kalangan masyarakat umum.

Inovasi ini juga diharapkan dapat menantang dominasi baterai litium-ion yang saat ini banyak digunakan dalam industri kendaraan listrik.